Lihat ke Halaman Asli

Mario Amarya

Freelance

5 Varian Teh Terfavorit dan Menyegarkan

Diperbarui: 24 Oktober 2023   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

5 varian teh yang menyegarkan. Sumber: Photojoiner.

Teh memang saat ini sedang menjadi salah satu bisnis minuman terpopuler dan paling laris. Bayangkan, tiap harinya ada gerai yang menjual berbagai jenis teh dengan nama es teh jumbo atau es teh krampul. Selain menjual es teh jumbo dan krampul, gerai teh yang menjamur tersebut juga menjual berbagai macam rasa teh, dimulai dari teh rasa buah, teh boba, dan juga teh susu. Dan diantara semua varian teh yang dijual di gerai, ada 5 varian teh yang paling favorit dan menyegarkan. Berikut daftarnya.

1. Thai Tea

Thai Tea, teh ala Thailand. Sumber: Istockphoto (kckate16)

Varian teh yang satu ini hingga sekarang masih booming dan makin banyak yang menggemari. Thai tea adalah teh ala Thailand yang terbuat dari campuran teh hitam, adas manis, kapulaga, gula, bunga jeruk, dan susu. Mungkin karena ada campuran dari bunga jeruk itulah kenapa Thai tea warnanya dominan oranye. Thai Tea memiliki rasa perpaduan antara teh dan susu yang begitu segar dan nikmat sekali. Thai tea tidak hanya dijual di gerai teh saja, namun juga sudah menjadi menu minuman andalan di berbagai restoran.

2. Green Tea Matcha Latte

Green Tea matcha, teh hijau ala Jepang. Sumber: Istockphoto (baibaz)

Varian teh ini selalu sepaket dan tak pernah pisah dengan Thai tea. Namun, varian teh yang satu ini bukan berasal dari Thailand melainkan berasal dari Jepang. Green tea matcha adalah varian teh yang terbuat dari daun teh hijau yang ditumbuk halus dan diambil dari tanaman camellia sinensis. Rasanya seperti dominan susu dan teh hijau, namun rasanya sangat manis sekali. Green tea matcha dengan green tea biasa sangatlah berbeda lho ya. Bedanya ada pada rasanya. Jika teh hijau biasa memiliki rasa yang sepat namun menyegarkan, sedangkan green tea matcha memiliki rasa yang sedikit pahit dan manis. Green tea matcha latte juga tersedia di gerai teh dan juga di berbagai restoran. Namun, green tea juga tersedia dalam bentuk kemasan khusus jika ingin dikonsumsi secara pribadi.

3. Lemon tea

Lemon tea, teh dicampur dengan lemon atau jeruk. Sumber: getty images (ATU Images)

Varian teh yang satu ini juga masih populer dan saat ini sedang laris-larisnya. Namanya lemon tea, tapi sekarang memiliki nama beken yaitu teh krampul atau kampul. Lemon tea atau teh krampul adalah teh yang dijampur dengan jeruk nipis atau jeruk peras, baik  jeruknya atau lemonnya yang diiris dan ditaruh diatas dan di dalam teh, maupun air jeruknya yang dicampur dengan air teh. Tapi sekarang kebanyakan lemon tea atau teh krampul jeruknya yang berada di dalam air teh tersebut. Perpaduan manisnya teh dan manis serta kecutnya jeruk bercampur menjadi satu dan menghasilkan rasa yang menyegarkan. Lemon tea atau teh krampul menjadi salah satu menu utama di gerai es teh jumbo dan juga selalu menjadi menu minuman pilihan di berbagai restoran.

4. Milk Tea

Milk tea, perpaduan teh dan susu cair. Sumber: getty images (MR. WUTTISAK PROMCHOO)

Hampir sama dengan Thai tea, namun berbeda komposisi. Jika Thai tea dibuat dari bubuk, milk tea benar-benar dibuat dari teh alami dan juga susu cair atau susu kental manis. Milk tea juga bisa dicampur dengan bubble atau boba sebagai pelengkapnya. Milk tea juga selalu menjadi menu pilihan dan menu favorit di gerai es teh jumbo dan juga menjadi menu pilihan di berbagai restoran. Milk tea juga bisa dibuat sendiri ala handmade, baik dicampur dengan susu kental sachet atau susu cair sesuai selera. Rasa dari milk tea sendiri benar-benar menyegarkan, perpaduan antara manisnya dan manisnya susu bercampur menjadi satu.

5. Cheese Tea

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline