Pendidikan adalah proses perubahan tingkah laku , penambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup agar peserta didik menjadi lebih dewasa dalam pemikiran dan sikap. Pendidikan karakter adalah suatu proses penerapan nilai-nilai moral dan agama melalui ilmu-ilmu pengetahuan yang bertujuan agar peserta didik memiliki akhlak dan moral yang baik untuk menciptakan kehidupan berbangsa yang adil, anam dan makmur.
Pendidikan di era digital saat ini sangatlah pesat, kemajuan di bidang teknologi tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa saja, anak-anak sekolah dasar pun sekarang sudah bisa menikmati dari hasil perkembangan teknologi saat ini. Teknologi saat ini digunakan dalam dunia pendidikan karena sangat membantu dalam proses pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Di era digital saat ini, anak-anak sangat gemar bermain ponsel, bahkan tidak jarang mereka enggan bersosialisasi dengan teman sebayanya dan hanya fokus memperhatikan layar ponselnya. Sehingga anak akan kehilangan waktu berharganya saat bermain bersama keluarga, belajar mengembangkan bakat atau bermain bersama temannya karena fokosnya teralihkan dengan oleh layar ponsel. Bahkan sudah sangat jarang saat ini anak-anak bermain permainan tradisional dengan teman sebayanya karena lebih gemar bermain ponsel di dalam rumah dengan menonton video game maupun video singkat.
Anak-anak era digital telah banyak dimanjakan dengan teknologi yang serba canggih. Bahkan banyak anak-anak sekolah dasar yang sudah diberikan ponsel oleh orang tuanya. Maka dari itu diperlukan peran oleh orang tua untuk bisa mengawasi, membimbing dan mengatur waktu anak dari alat digital yang dipakai. Adapun yang harus dilakukan orang tua terhadap anak dalam digital parenting antara lain :
- Meningkatkan dan memperbarui wawasan tentang internet dan gadget. Orang tua tidak bisa mengawasi ana apabila orang tua gagap teknlogi
- Membatasi waktu pada anak dalam menggunakan gadget dan internet
- Memberikan pemahaman dan kesadaran bersama akan dampak negative dari internet maupun gadget
- Melarang secara tegas jika anak menonton konten yang tidak mendidik
- Menjalin komunikasi yang terbuka dua arah dengan anak
Sebagai seorang pendidik juga harus bisa menjadi panutan yang baik bagi anak-anak untuk membentuk kepribadian bahkan karakter anak yang baik. Di era digital ini bahkan sangat mudah untuk mendapatkan informasi di internet. Maka dari itu diperlukan pengawasan dan pembelajaran mengenai penggunaan ponsel dengan baik, agar anak tidak mendapat dampak negative dari penggunaan ponsel. Adapun dampak positif dan negative dari teknologi antara lain :
Dampak Positif
- Sarana penyampaian informasi secara tepat dan akurat
- Mempermudah akses terhadap informasi baru kapanpun dan dimanapun
- Membantu dalam mencari informasi pembelajaran
- Media hiburan
- Mempermudah komunikasi dari jarak jauh
Dampak Negatif
- Anak bersifat individual, berkurangnya tingkat interaksi antar sesame
- Rentannya kesehatan mata
- Radiasi alat hasil teknologi membahayakan otak anak
- Informasi yang tidak sesuai dengan usia anak
- Anak menjadi sarana kejahatan
- Lupa waktu
- Kecanduan akan penggunaan ponsel
Maka dari itu, menerapkan pendidikan karakter pada era digital ini sangat penting agar generasi penerus bangsa mempunyai moral yang baik. Generasi penerus bangsa mencerminkan kualitas bangsa. Untuk itu keluarga, sekolah dan masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan generasi yang bermoral dan berakhlak baik.
Sumber Referensi :
Sukma, H. H. (2021, August). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta (Vol. 1, No. 01, pp. 85-92).
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.