Lihat ke Halaman Asli

Marina

Mahasiswa

Jelajah Tradisi dan Sejarah Legasi Kolonial Bandung Utara di Curug Pelangi/Cimahi

Diperbarui: 27 September 2023   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi : Curug Pelangi

Curug Pelangi Cimahi bisa dibilang sebagai salah satu destinasi wisata alam yang sangat cantik dan populer di Bandung. Faktanya, Curug Pelangi Cimahi ini sudah dibuka sejak lama, yaitu pada tahun 1992. Pada tahun 2010 sempat vakum karena ada pembenahan, dan mulai dibuka kembali pada tahun 2014. Sejak tahun 2016 hingga sekarang, jumlah pengunjung yang datang ke wisata alam air terjun ini terus meningkat. Terutama pada saat liburan tahun baru dan hari raya.

Dok.Pribadi : Gerbang masuk Curug Pelangi 

Pada Sabtu (23/09/2024) saya dan teman-teman kelompok Modul Nusantara berkesempatan untuk pergi ke Curug pelangi. Kami kesana menggunakan angkot yang sudah di sewa. Sampai di lokasi, kami harus menuruni anak tangga yang cukup banyak agar smpai di curugnya. Ada beberapa anak tangga yang becek akibat air yang turun dari tebing pembatas. 

Curug Pelangi ini terkenal sebagai Curug Cimahi, tetapi lokasinya tidak berada di Cimahi. Disebut Curug Cimahi, karena berada di aliran sungai Cimahi. Alasan ini juga lah, yang membuat Curug Cimahi ini terkenal.

Curug Pelangi ini berada dekat dengan kawasan wisata Dusun Bambu, dengan ketinggian mencapai 71 meter. Ada ratusan monyet yang hidup di kawasan air terjun ini, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai kawasan habitat Monyet.

Dok.Pribadi

Suhu udara di kawasan ini mencapai 18-22 derajat celcius, tentu terasa sangat sejuk. Suhu udara yang sejuk juga menjadi faktor kenyamanan bagi pengunjung di wisata alam ini.

Katanya, dulu tempat ini buka sampai malam. Di saat malam, terdapat lampu berwarna-warni dibelakang air terjun.Tapi sayang sekali, sekarang sudah tidak ada lampu yang menyala. Udah pada rusak. Padahal, kalau dikelola dan dipertahankan, sepertinya bakal jadi ikon wisata unik di Lembang dan Bandung Barat.

Beberapa sumber informasi : (https://www.pinhome.id/info-area/curug-pelangi-cimahi-bandung/)

Reporter : Marina

Editor : Bapak Salsa Solli Nafsika, M.P.d




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline