Lihat ke Halaman Asli

Marina Aninditha

Content Manager di PiBo

Rekomendasi Buku Sastra Anak Digital untuk Jenjang SD

Diperbarui: 2 Juli 2024   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Panduan Penggunaan Rekomendasi Buku Sastra Kemendikburistek

Bulan Mei 2024 lalu, Kemendikbudristek merilis program Sastra Masuk Kurikulum sebagai panduan untuk memanfaatkan karya sastra dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan minat baca, menumbuhkan empati, dan mengasah kreativitas serta nalar kritis murid. 

Program Sastra Masuk Kurikulum berisi panduan dan daftar rekomendasi buku sastra yang telah dipilah berdasarkan jenjang sekolah. Mulai dari jenjang SD sampai SMA. Di antara rekomendasi buku sastra jenjang SD, terdapat 3 judul buku yang bisa diakses secara digital melalui https://bacapibo.com/

1. Bersama-sama di Hari Raya Imlek

bacapibo.com

Buku ini merupakan salah satu judul dari Seri Berbeda Itu Asyik terbitan Penerbit Kanisius yang berupa buku cerita bergambar. Buku ini bercerita tentang Feni yang nanti malam Feni akan merayakan Imlek dan menonton barongsai. Namun, papa dan mama Feni bekerja sampai malam sehingga tidak bisa menemani. Feni tampak sedih. Teman-teman Feni yaitu Ayu, Made, dan Tobias ingin menghibur Feni. 

Buku ini dapat digunakan untuk mengenalkan konsep toleransi beragama dan budaya kepada anak, dan memberikan contoh penerapan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari. 

2. Impian Hanoman Cilik

bacapibo.com

Buku ini merupakan salah satu judul dari Seri Hanoman Cilik terbitan Penerbit Kanisius yang berupa buku cerita bergambar. Buku ini bercerita tentang Hanoman seorang anak baik hati yang berbulu putih seperti kera. Ia sering diolok-olok oleh temannya sebagai anak kera. Hanoman bertekad bertemu dengan ayahnya untuk membuktikan bahwa ia bukan anak kera. 

Buku ini dapat digunakan untuk mengenalkan nilai kerja keras, pantang menyerah, dan kegigihan. 

3. Seri Petualangan Misteri: Bisikan Wayang Suket

bacapibo.com

Buku ini ada;ah novel anak yang merupakan salah satu judul dari Seri Petualangan Misteri, terbitan Penerbit Kanisius. Pembaca bisa memilih jalan cerita dalam buku ini dengan cara mengikuti petunjuk untuk membalik ke halaman tertentu sesuai dengan cerita yang dipilih.

Bisikan Wayang Suket merupakan buku bertema misteri. Buku ini menceritakan tentang kegiatan anak-anak setelah penilaian akhir semester. Mereka akan berkunjung ke sebuah museum. Di dalam museum terdapat beraneka macam wayang. Ada wayang golek, wayang kayu, wayang logam, wayang kulit, wayang dari luar negeri, dan wayang suket. Wayang suket memunculkan kejadian-kejadian yang penuh misteri. Hal-hal aneh terjadi ketika ada ucapan negatif berkaitan dengan wayang tersebut.

Itulah tiga buku sastra anak dalam format digital yang bisa diakses di https://bacapibo.com/. Karena formatnya digital, buku ini mudah diakses di mana pun dan kapan pun. Cukup dengan akses internet kamu sudah bisa membaca buku-buku ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline