Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Berbasis PBL yang Meningkatkan Motivasi

Diperbarui: 24 Januari 2023   15:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh
guru sesuai tantangan yang dihadapi untul meningkatkan motivasi peserta didik antara lain :
1. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran dan karakteristik
peserta didik antara lain:
a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan
model pembelajaran yang tepat dan sesuai
dengan materi dan karakteristik peserta didik
adalah model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL)
b. Proses penggunaan model ini dengan
mempelajari model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL), memahami keuntungan model pembelajaran PBL dan menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kemampuan dasar serta kebiasaan peserta didik. lalu kemudian melihat kesesuaian materi yang terdapat di dalam bahan maupun materi ajar.
c. Sumber daya atau materi yang di perlukan
dalam menggunakan model pembelajaran ini
adalah kemampuan atau kopetensi guru pada
model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dan juga kemampuan guru dalam
menguasai materi pembelajaran yang akan di
ajarkan.
2. Penggunaan metode pembelajaran yang variatif
sehingga peserta didik merasa tertarik dan
atusisas dalam mengiikuti pembelajaran
a. Strategi yang dilakukakn oleh guru dalam
pemilihan metode pembelajaan adalah dengan
memahami karakteristik peserta didik dan
karakteristik materi. Disini guru memilih
metode pembelajaran yang variatif yang akan
digunakan yaitu metode ceramah. tanya
jawab, penugasan dan diskusi
b. Proses pemilihan metode ini pertama guru
harus mempelajari apa saja metode-metode
dalam pembelajaran, lalu guru harus
memahami karakteristik peserta didik dengan
melihat kemampuan dasar dan kebiasaan
peserta didik selanjutnya melihat
karakteristik materi dengan mempelajari
pembelajaran yang ada di buku guru maupun
buku peserta didik.
c. Sumber daya yang diperlukan dalam
pemilihan metode ini antara lain pemahaman
atau kemampuan kopetensi guru tentang
metode-metode pemebelajaran dan
pemahaman guru tentang materi
pembelajaran.
3. Guru harus bisa meningkatkan motivasi peserta
didik dalam proses pembelajaran.
a. Stategi yang digunakan guru untuk
meningkatkan motivasi peserta didik adalah
dengan menciptakan kelas yang kondusif,
memberi tugas, memberi pujian, memberikan
penghargaan, membuat peserta didik aktif,
memberikan nilai dan menciptakan suasana
yang menyenangkan dalam proses
pembelajaran.
b. Proses meningkatkan motivasi pada peserta
didik ini dilakukan dengan meningkatkan
kualitas guru dalam mengajar, menggali minat dan bakat peserta didik dan
menggunakan metode-metode pembelajaran
yang kreatif dan inovatif
c. Sumber daya atau materi yang dibutuhkan
dalam meningkatkan motivasi belajar peserta
didik yaitu dengan menggunakan mediamedia pembelajaran yang kreatif dan inovatif
seperti video pembelajaran, powerpoin (PPT),
gambar- gambar, contoh pembelajaran yang
kontekstual sehingga diharapkan akan
meningkatkan motivasi peserta didik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline