Lihat ke Halaman Asli

Mariatul Kiftiah

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Tanamkan Sejak Dini Makan Makanan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Diperbarui: 6 September 2023   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari Rabu, 9 Agustus 2023, telah berlangsung kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kelas 3 SDN Pantang Raya, Kec. Tabukan, Kab Batola . Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Pada kesempatan itu, Mariatul Kiftiah, salah satu anggota Tim Pengabdian Kepada Masyarakat menyampaikan Proker tentang Makanan Bergizi Pada Anak.

Dimana diberikan edukasi tentang makanan bergizi kepada 20 orang murid SDN Pantang Raya. Kegiatan itu dilakukan pada jam 10.00- 11.00 WITA.

Berdasarkan observasi di desatersebut tedapat 3 orang anak yang terkena Stunting. Untuk itu dengan adanya edukasi ini harapannya semoga dapat menghindari atau mencegah Stunting di masa mendatang serta menciptakan tumbuh kembang anak sehat.

Bagian edukasi merupakan salah satu point penting yang terdapat dalam kegiatan ini, dan kegiatan ini dilakukan dengan system belajar sambil bermain. Permainan yang dimainkan berhubungan dengan makanan bergizi yang baik untuk tubuh. Lalu dilakukan penyampaian materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Pentingnya untuk memberikan infromasi atau edukasi mengenai makanan bergizi yang sehat dan baik untuk membantu tumbuh kembang anak yang sehat dan kuat.

Stunting adalah suatu keadaan dimana seseorang kekurangan vitamin atau kurang makan makanan yang sehat dan baik. Jika kita kurang makan makanan yang bergizi sulit untuk kita untuk  bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
Akibatnya dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi , mudah lelah,letih, lesu dan lunglai. Beberapa makanan bergizi yang sering kita jumpai dan baik untuk dikonsumsi seperti sayur-sayuran, buah- buahan, telur, kacang-kacangan. Serta banyak makanan yang kurang sehat dan sering dikonsumsi dikalangan anak-anak seperti manis-manisan, mie instan, dan makanan berminyak.

Dalam sesi edukasi ini anak-anak sangat antusisas dan gembira dalam mengenali seperti apa makanan yang sehat dan manfaatnya untuk tubuh. Dan tak kalah menarik nya lagi adalah pada bagian sesi tanya jawab, banyak anak-anak yang antusias ingin menjawab pertanyaan didukung dengan hadiah yang menarik. Dengan adanya tanya jawab ini semoga dapat meningkatkan pemahaman mereka serta membantu memuaskan rasa ingin tahu mereka.

Kita harus memastikan anak-anak mendapat nutrisi yang seimbang, ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan tulang anak untuk kesehatan umum. Tetapi perlu diingat juga dalam mengkonsumsi makanan perlu kontrol porsi makan agar tidak kelebihan juga tidak kekurangan kalori.

Tidak terlupa hal yang utama dilakukan sebelum makan yaitu mencuci tangan terlebih dahulu, karna cuci tangan merupakan hal utama yang harus diperhatikan dan merupakan sumber infeksi seperti bakreri atau virus berkembang dan akan masuk ke tubuh melalui makanan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline