Menurut Nurbiana Dhieni (2006): Kemampuan anak dalam mengetahui huruf dapat dilihat saat anak mampu menyebutkan suatu simbol huruf, dan kemampuan anak dalam memahami huruf dapat dilihat dari kemampuan anak saat memaknai huruf sehingga anak mampu menyebutkan huruf depan dari sebuah kata.
Anak dapat mengenal simbol-simbol huruf dengan mulai menyebutkan huruf yang dikenalnya, mengenal bagaimana bentuk hurufnya, menyebutkan huruf awal dari suatu kata, mengenal huruf dari namanya, menuliskan Namanya sendiri dan pada akhirnya anak dapat membaca kata.
Salah satu media yang dapat digunakan guru untuk mengenalkan simbol huruf pada anak adalah dengan menggunakan media kartu huruf. Azhar Arsyad (2005: 119) mengungkapkan bahwa kartu huruf adalah kartu abjad yang berisi gambar, huruf, tanda simbol, yang meningkatkan atau menuntun anak yang berhubungan dengan simbol-simbol tersebut.
Dalam kegiatan pembelajaran ini, anak dibagi menjadi 2 kelompok. Ada yang tugasnya membuat kartu huruf dan ada yang membuat miniatur kupu-kupu. Setelah itu barulah anak mekalukan kegiatan menjepit dan menyebutkan simbol huruf. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah:
1. Membuat kartu huruf
- Anak mulai menggunting kardus yang sudah dilapisi dengan kertas origami
- Anak menempelkan huruf pada pola bentuk segiempat yang telah disiapkan
- Anak menggunting pola tersebut
- Anak menempel pola huruf pada kartu yang telah disiapkan
2. Membuat kupu-kupu sederhana
- Anak menggunting pola sayap kupu-kupu
- Anak menempel dan menghias pola sayap kupu-kupu dengan potongan kertas origami
- Anak menempelkan kertas origami pada gelas plastik
- Anak menempelkan sayap kupu-kupu, kepala dan antena pada gelas aqua
- Anak kemudian menempelkan kupu-kupu pada karton yang berukuran besar
3. Kegiatan menjepit huruf
- Anak mengambil kartu huruf yang telah disiapkan
- Anak menjepit kartu sesuai dengan kata kupu-kupu yang ada pada kardus
- Anak menyebutkan simbol huruf yang dijepitnya
- Anak melakukannya secara bergantian
Dalam kegiatan ini anak diharapkan dapat menyebutkan huruf-huruf dari kata kupu-kupu yang telah dijepitnya dengan benar. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat mengenal dan menyebutkan simbol huruf yang ada pada kartu huruf tersebut.