Suatu perusahaan mempunyai strategi untuk meningkatkan brand awareness pada masyarakat. Salah satu dari strategi tersebut dengan menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan memasarkan brand tersebut.
Penggunaan media sosial tersebut, maka dibutuhkan social media manager yang mempunyai tugas untuk menciptakan reputasi yang baik. Seorang social media manager dituntut untuk mempunyai pemikiran yang kreatif dan inovatif agar media sosial suatu perusahaan menjadi menarik. McDonald's Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang memiliki media sosial dengan konten yang menarik dan konsisten.
Media Sosial McDonald's Indonesia
Akun Twitter dan Instagram dari McDonald's Indonesia rutin memposting setiap minggunya dan terhitung minimal tiga kali dalam seminggu. Postingan kedua media sosial tersebut diposting secara bersamaan dan memuat infomasi yang sama. Jumlah followers dari akun twitter McDonald's Indonesia (@McDonalds_ID) berjumlah 84.983 dan pada akun instagram (@mcdonaldsid) berjumlah 361 ribu followers. Perbedaan postingan pada akun twitter dan instagram McDonald's Indonesia yaitu pada akun twitter hanya berisi konten promosi sedangkan pada akun instagram selain berisi konten promosi juga sebagai media untuk konsumen menyampaikan kritik dan saran.
Jika dilihat dari responsibilities of the social media manager, penulisan pada akun Twitter dan Instagram dari McDonald's Indonesia dapat dinilai dengan beberapa kriteria dibawah ini :
1. Identify Target Customers
Akun Twitter dan Instagram dari McDonald's Indonesia sudah sesuai dengan target yaitu anak muda atau generasi millenial dan masyarakat yang aktif menggunakan media sosial. Selain itu, McDonald's Indonesia juga memilih keluarga untuk menjadi target mereka untuk beberapa produk tertentu seperti produk Happy Meal. Agar pesan dapat tersampaikan kepada target sasaran maka konten media sosial menggunakan caption yang menarik dan menggunakan bahasa sehari-hari.
Pada setiap promonya, McDonald's Indonesia melibatkan konsumen untuk menggunakan aplikasi yang ditawarkan. Bahasa yang digunakan sangat santai seperti "double tap jika kamu udah ga sabar" bertujuan untuk membangun kedekatan antara McDonald's dengan konsumen. Beberapa foto pada akun twitter dan instagram didesain lebih berwarna dan menggunakan model anak muda bertujuan agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh target sasaran. Tidak hanya itu, pada akun Instagram menawarkan berbagai challenge yang dapat diikuti oleh semua konsumen.
2. Set Clear Objectives
Akun twitter dan instagram McDonald's Indonesia mempunyai tujuan yang jelas yaitu mempromosikan brand untuk menciptakan brand awareness, membangun kedekatan dengan konsumen, dan tidak memunculkan konten penjualan produk. Konten pada akun twitter dan instagram tidak menampilkan harga produk dan hanya harga-harga promo saja yang ditampilkan. Tujuan ini terealisasikan dengan memposting berbagai promosi produk baru dan promo untuk pembelian.
Pada akun twitter dan instagram dalam membangun kedekatan konsumen juga sesekali menggunakan sapaan "McD'ers" dan membalas setiap komentar kritik maupun saran dari konsumen. Admin McDonald's selalu konsisten dalam menjalankan tujuan adanya social media sehingga konten yang ditampilkan selalu rapi dan fokus pada tujuan utama. Konten yang konsisten juga ditunjukan dengan menampilkan gambar maupun postingan yang sama persis pada semua social media McDonald's Indonesia.