Lihat ke Halaman Asli

Maria Tanjung Sari

Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di titikterang751@gmail.com

Manfaat Bermain Catur bagi Anak, Latih Konsentrasi Hingga Capai Prestasi

Diperbarui: 9 Juni 2024   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Anggraeni Septi

Kalian pastinya tahu olahraga catur. Meskipun dari penampakannya, olahraga catur tidak menguras fisik seseorang, namun percayalah ketika seorang atlet catur sedang berada di depan papan catur, maka sebagian besar energi pikirannya akan terkuras untuk berpikir bagaimana memenangkan pertandingan tersebut dari lawannya.

Permainan catur merupakan permainan strategi antara dua orang, dimana keduanya berusaha untuk menang dengan cara memakan raja atau membuat lawan tak berkutik dengan gerakan berikutnya.

Saat ini mungkin yang umum kita saksikan adalah orang dewasa yang bermain catur. Namun pernahkah kalian mendengar bahkan menyaksikan seorang anak bermain catur? Mungkin jawabannya sangat jarang. Ternyata, bermain catur sangatlah bagus untuk melatih konsentrasi anak, serta bukan tidak mungkin apabila ditekuni, anak bisa mengikuti turnamen atau pertandingan catur hingga dirinya meraih prestasi. 

Bahkan di beberapa artikel yang pernah saya baca, catur bisa meningkatkan prestasi pelajaran sekolah anak. Tentu saja kemampuan bermain catur tidak bisa dihasilkan dalam sehari dua hari, melainkan melalui latihan yang intens serta adanya kemauan dan tekad dari si anak.

Berkaitan dengan pembahasan olahraga catur ini, pada 3 Juni 2024, Komunitas Cak Kaji mengadakan talkshow bersama seorang Kompasianer yang memiliki anak berprestasi di olahraga catur. 

Adalah Luigi Kautsarrazky, anak dari Anggraeni Septi yang telah menekuni olahraga catur di usia yang masih sangat belia, yaitu 8 tahun. Duh, saya saja sampai setua ini tidak bisa bermain catur. tapi ternyata ada anak berusia 8 tahun mahir bermain catur dan bahkan sudah menjuarai beberapa pertandingan catur.

Beberapa prestasi yang telah diraih Luigi Kautsarrazky dalam pertandingan catur antara lain:

Tingkat Propinsi:

  • Juara 2 (medali perak) kategori U-7 Putra pada East Java Junior Chess Championship 2023 (23 Desember 2023)
  • Juara 1 kategori SD Swasta Terbaik U-7 Putra pada East Java Junior Chess Championship 2023 (23 Desember 2023)
  • Juara 2 (medali perak) kategori U-8 Putra pada Junior Rapid Chess Championship 2024 (11 Mei 2024)

Tingkat Kota/Kabupaten/Kecamatan

  • Juara harapan 2 kategori kelas 1-3 SD pada Chess Kids Junior Tournament 2023 tingkat se Kota Surabaya (15 Oktober 2023)
  • Juara harapan 3 kategori kelas 1-3 SD pada Chess Kids 2 & Teen Tournament 2023 se Kota Surabaya (12 November 2023)
  • Peringkat 4 SCUA Chess Camp Tournament kategori pemula (lintas usia) 15 Desember 2023
  • Juara 10 kategori kelas 1-3 SD pada turnamen catur HUT ke-1 KOMUCA se Kabupaten Gresik (3 Maret 2024)
  • Juara 2 kategori kelas 1-3 SD pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Kompetisi Olahraga Siswa Kebomas (KOSK) Kabupaten Gresik (4 Mei 2024)

Anak dan Bakat Bermain Catur

Ketika orang tua menyadari bahwa anak sudah memiliki bakat akan sesuatu hal, maka sebaiknya orangtua memberikan dukungan terhadap bakat anak. Jangan pernah meremehkan, selama keinginan anak untuk mengembangkan bakat tersebut masih bersifat positif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline