Lihat ke Halaman Asli

Maria Tanjung Sari

Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di titikterang751@gmail.com

Cara Tepat Membangun Healthy Boundaries di Lingkungan Kerja

Diperbarui: 1 Juni 2024   22:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Pixabay

Saat ini sedang trend istilah-istilah baru di kehidupan manusia, salah satunya adalah healthy boundaries. Boundaries sendiri dalam Bahasa Indonesia memiliki arti batasan. Sementara dalam hubungannya dengan kehidupan ini, memiliki boundaries berarti kita sebagai manusia harus memiliki batasan, mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang tidak. Mana perilaku orang lain yang dapat kita tolerir dan mana perilaku orang lain yang tidak perlu kita tolerir. Semua ada batasannya.

Tentu saja dengan adanya batasan atau boundaries ini dapat menjaga kita dari rasa tidak nyaman dalam interaksi dengan manusia lainnya. Serta boundaries yang kita ciptakan juga dapat memelihara kesehatan mental diri sendiri. Bukankah saat ini sedang ramai dibahas mengenai pentingnya kesehatan mental dalam jiwa seorang individu.

Memang, boundaries itu seharusnya diri kita sendiri yang menciptakan. Kita sendirilah yang paling tahu mana yang terbaik bagi diri sendiri. Ada beberapa manfaat manakala seorang individu menetapkan batasan untuk dirinya sendiri, antara lain:

  • Menciptakan self love bagi diri sendiri agar terhindar dari stress
  • Melindungi diri sendiri terhadap ancaman atau rasa tidak nyaman dari pihak ketiga
  • Sebagai bentuk atau cara kita menghargai diri sendiri
  • Memelihara hubungan baik dengan teman, kerabat dan juga rekan kerja

Healthy boundaries atau membangun batasan yang sehat itu dapat kita lakukan di lingkungan pertemanan, lingkungan keluarga dan bahkan juga di lingkungan kerja. Bahkan ketika kamu sedang menjalin hubungan percintaan dengan lawan jenis pun, kamu harus dapat membangun healthy boundaries agar tidak dirugikan. 

Kenapa saya menganggap bahwa membangun healthy boundaries itu penting di dunia kerja, karena ketika kamu menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan, maka hampir sebagian besar waktumu dihabiskan di kantor bersama rekan-rekan kerja. 

Tentu saja tak sekadar berkomunikasi membahas masalah seputar pekerjaan, ada kalanya kamu dan rekan kerja terlibat dalam pembicaraan yang menyangkut urusan pribadi. Kalau sudah begini, maka segera buat healthy boundaries agar kamu nyaman ketika berinteraksi dengan rekan kerja.

Tak hanya dengan rekan kerja, healthy boundaries juga perlu dibangun dengan para pimpinan di perusahaan tempat kamu bekerja. Lagi-lagi tujuan dibangun healthy boundaries di dunia kerja tentu saja agar beban kerja tidak melulu berada di pundakmu semata.

Healthy Boundaries di Lingkungan Kerja Sebagai Salah Satu Bentuk Profesionalisme

Ada karyawan baru di kantor tempat teman saya. Suatu ketika beberapa karyawan senior memberikan tugas yang terlalu over limit, namun si anak baru tak dapat menolak, karena merasa sebagai karyawan baru dan dia harus menunjukkan kinerjanya secara optimal. 

Secara tidak sadar, karyawan baru di kantor teman saya tidak bisa menciptakan healthy boundaries untuk dirinya sendiri. Alhasil karyawan baru akan merasa lelah secara fisik maupun mental karena mendapatkan tugas bertubi-tubi dari karyawan senior.

Oleh karena itu, sebagai karyawan, baik itu yang statusnya baru maupun sudah lama bekerja, ada baiknya membangun healthy boundaries di lingkungan kerjanya. 

1. Tetapkan Batasan Kerja Sebagai Karyawan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline