Lihat ke Halaman Asli

Maria Tanjung Sari

Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di titikterang751@gmail.com

Tempat Ngabuburit Favorit di Surabaya, Kamu Pilih yang Mana?

Diperbarui: 16 Maret 2024   19:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Credit Photo: 6parker.com

Siapa disini yang suka menghabiskan waktu di luar menjelang berbuka puasa?  Kegiatan menunggu waktu berbuka puasa sering kita sebut dengan istilah ngabuburit. Sebenarnya ngabuburit sendiri bukan suatu hal yang wajib dilakukan, namun bagi sebagian orang, ngabuburit dianggap sebagai budaya yang setidaknya dilakukan dari tahun ke tahun.

Kebayang tidak betapa bosannya kita menunggu azan Maghrib namun tidak melakukan aktivitas apapun juga di rumah. Sebagai solusi, biasanya sebagian orang memilih untuk berjalan-jalan ke luar rumah demi sekadar membuang waktu lalu pulang mendekati azan Maghrib.

Ngabuburit kalau bagi saya sendiri biasanya dilakukan bersama suami. Kami berdua cukup mengendarai sepeda motor berkeliling di sekitar komplek perumahan saja. Entah itu mencari takjil untuk buka puasa, atau hanya sekadar jalan-jalan berkeliling tanpa arah dan tujuan.

Namun saya ingin merangkum beberapa tempat recommended di Surabaya yang bisa kalian jadikan pertimbangan sebagai lokasi untuk ngabuburit, diantaranya:

1. Taman-taman di Surabaya

Seperti yang warga Surabaya ketahui, bahwa ada banyak sekali taman di Surabaya. Sebut saja Taman Prestasi, Taman Harmoni, Taman Bungkul dan masih banyak lagi. Beberapa taman di Surabaya bisa kita jadikan tongkrongan untuk ngabuburit jelang berbuka puasa. Bahkan kita juga bisa berbuka puasa di taman-taman tersebut lho. Hal ini dikarenakan beberapa taman terdapat sentra wisata kuliner yang menyajikan beragam jajanan serta kuliner Jawa Timur.

Namun yang perlu diingat adalah sebagai warga Surabaya yang baik, kita harus menjaga kebersihan taman dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi ketika waktu berbuka puasa tiba tentu saja banyak warga yang sedang berkumpul di taman akan membeli sekadar jajanan dan tentu saja meninggalkan sampah.

2. Masjid Agung Surabaya

Sebagai salah satu masjid terbesar di Indonesia, tentu saja Masjid Agung Surabaya memiliki daya tarik tersendiri bagi umat muslim yang berada di Surabaya, bahkan yang berasal dari luar Surabaya. Setiap hari, Masjid Agung Surabaya selalu ramai didatangi oleh pengunjung, baik itu mereka yang ingin melakukan sholat di dalam masjid, atau ingin melakukan wisata religi.

Selain itu juga, di sekitar Masjid Agung Surabaya ada banyak sekali pedangan makanan dan minuman, khususnya di bulan Ramadan ini. Biasanya di bulan Ramadan juga ada stand tak jauh dari Masjid Agung Surabaya yang menjual berbagai kebutuhan seperti fashion Muslim, dan masih banyak lagi.

3. Mall 

Mall biasanya menjadi destinasi terakhir nih kalau kalian bingung hendak kemana, hehehe. Ini hanya opini serta pengalaman saya pribadi saja. Sebab kalau saya sudah merasa hampir semua tempat dikunjungi untuk ngabuburit, maka opsi terakhir adalah mall sebagai destinasi ngebuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Biasanya di mall kalian bisa pergi ke toko buku, ke outlet pakaian atau langsung pergi ke food court untuk memesan makanan berbuka puasa. Biasanya ketika waktu berbuka puasa hampir tiba, hampir seluruh area food court maupun restoran yang ada di mall akan penuh oleh pengunjung yang ingin berbuka puasa di mall. Saran saya adalah jangan memesan makanan terlalu mepet dengan waktu berbuka puasa, karena bisa jadi kalian tidak akan kebagian tempat duduk.

Jadi, kalian pilih tempat favorit ngabuburit yang mana di Surabaya, gaes?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline