Lihat ke Halaman Asli

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK Hasil Kinerjanya Belum Memuaskan Rakyat dan Belum Menepati Janji

Diperbarui: 25 Oktober 2015   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sejalan dengan pemerintahannya selama satu tahun ini pada tanggal 20 oktober tepatnya, hasil kinerja Jokowi-JK belum memuaskan, mengecewakan dan dianggap Jokowi-JK tidak menepati janji. Di bidang perekonomian Jokowi-JK pernah berjanji untuk mengurangi beban rakyat kecil dengan menurunkan harga sembako. Namun, pada perjalanan awal pemerintahannya, kebijakan menaikkan harga BBM yang justru membuat harga sembako otomatis naik. Seakan tak memprediksi dampak, pemerintah tidak dapat menanggulangi kenaikan harga sembako sebagai akibat naiknya harga BBM. Kehidupan ekonomi masyarakat menengah akibat kebijakan ekonomi Jokowi - JK sudah tidak bisa lagi menyisihkan pendapatannya sebagai tabungan dan malah sebagian dari mereka harus membongkar tabungan mereka untuk menutupi berbagai tagihan akibat pendapatan mereka tergerus oleh mahalnya biaya hidup untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok.

Presiden Jokowi juga pernah berjanji untuk memperkuat KPK, berkomitmen menambah penyidik, menambah anggaran, dan lain-lain. Namun, justru memperlihatkan kebalikannya. Konflik KPK vs Polri yang hingga saat ini belum tertangani justru memperlemah kinerja KPK yang sampai sekarang ini kasus korupsi sudah merajarela tapi tidak ada penangan yang tepat.

Dalam hal politik luar negeri, Jokowi sangat lemah posisinya dan penakut serta tunduk pada Australia. Politik dalam negeri Jokowi-JK hanya membuat perpecahan di tubuh parpol untuk mendapatkan dukungan yang lebih banyak di parlemen, tetapi menurut masyarakat itu percuma saja malah akan makin membuat Jokowi sebagai boneka saja.

Dalam hal keamanan masyarakat sangat kwatir akan kesejahteraan dan ketentraman dikarenakan masih maraknya kasus begal yang terjadi. Kasus terbaru yaitu mengenai kebakaran hutan dan kabut asap. Kebakaran hutan telah menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Tapi sampai sekarang ini kebakaran hutan belum teratasi.

Masyarakat mengatakan bahwa sudah tidak layak Jokowi memimpin Indonesia dan jika diteruskan maka ekonomi masyarakat semakin sulit. Artinya dapat dikatakan pemerintahan Jokowi-JK telah gagal dalam tahun pertamanya memimpin Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline