Lihat ke Halaman Asli

Maria Sekar Cahyaningrum

my thoughts made into words

Pengabdian Masyarakat Rekognisi KKN FK UNS: Persiapan untuk New Normal

Diperbarui: 5 Juli 2020   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sejak tanggal 4 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020 lalu, telah dilakukan program Pengabdian Masyarakat Rekognisi KKN Covid-19 FK UNS di Blulukan RT 06/RW VIII, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Program ini merupakan KKN individu yang dilakukan oleh penulis sendiri, Maria Sekar Cahyaningrum (NIM G0018120), dengan Balgis, dr. MSc CM-FM, Sp. Ak, AIFM sebagai Dosen Pembimbing Pengabdian (DPP).

Kegiatan KKN ini bertujuan untuk mempersiapkan warga menghadapi era new normal. Pandemi Covid-19 ini memang dikabarkan masih akan berlangsung selama beberapa waktu ke depan, sehingga mau tidak mau masyarakat perlu menyesuaikan diri untuk hidup berdasarkan protokol kesehatan yang ditetapkan demi mencegah penularan Covid-19. Era dimana masyarakat hidup dengan menaati protokol kesehatan inilah yang disebut new normal.

Program utama dari KKN ini yaitu penyuluhan kepada masyarakat tentang new normal. Penyuluhan dilakukan melalui pembagian poster edukasi dan sarung tangan plastik untuk setiap kepala keluarga. Sebelum penyuluhan, dilakukan survei pendahuluan terlebih dahulu. Hasil survei inilah yang akan menentukan materi apa yang akan diberikan dalam penyuluhan.

KKN telah berjalan lancar dengan hambatan minimal, namun sayangnya tidak dapat dilakukan follow up untuk evaluasi karena keterbatasan waktu. Walau begitu, semoga kegiatan KKN yang telah dilakukan ini tetap berdampak positif bagi masyarakat Blulukan RT 06/ RW VIII dan dapat membantu melindungi dari penularan Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline