Lihat ke Halaman Asli

Tips Sukses Mengikuti PPG Dalam Jabatan

Diperbarui: 12 Desember 2023   07:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber gambar: Maria Regina)

Tips Sukses Mengikuti PPG Daljab

Dewasa ini,  dunia pendidikan menuntut guru untuk memiliki sertifikat pendidik. Sertifikat ini dapat kita peroleh dengan mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam jabatan atau pra jabatan. Bagi guru yang mengikuti PPG dalam jabatan harus bersiap dengan berbagai hal dan kemungkinan yang akan terjadi. Guru yang mengikuti PPG dalam jabatan tentunya masih terikat dengan aktivitas mengajar di sekolah. Terkadang ada sekolah tertentu yang mengizinkan guru tersebut untuk mencari pengganti agar bisa fokus mengikuti PPG. Namun juga ada sekolah yang memiliki kebijakan lain seperti guru harus tetap mengajar dan memegang tanggung jawab seperti biasanya. Selain itu guru yang sudah berkeluarga dan memiliki anak tentu juga semakin memiliki tantangan yang harus di antisipasi.

Berikut delapan tips yang dapat kita lakukan agar meminimalisir kesulitan selama mengikuti PPG dalam jabatan.

1. Komunikasikan Dengan Kepala Sekolah dan Teman di Kantor

Setelah mendapatkan informasi bahwa Anda akan mengikuti PPG dalam jabatan, langkah pertama adalah segera sampaikan kepada kepala sekolah. Hal ini dapat membantu atasan menentukan kebijakan bagi guru yang mengikuti PPG dalam jabatan. Jika Anda diizinkan mengambil cuti dan mencari pengganti maka Anda dapat sesegera mungkin mencari guru pengganti dan mengomunikasikan materi-materi yang harus diajarkan kepada guru pengganti. Jika guru pengganti masih fresh graduate  Anda dapat membimbingnya dalam beberapa waktu. Jika Anda tetap diminta mengajar seperti biasa  maka Anda pun harus dapat mengatur strategi dalam bekerja. Misalnya melihat jadwal-jadwal  yang longgar untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah atau tugas sebagai guru.

2. Komunikasikan Dengan Pasangan dan Anak-Anak

Bagi guru yang telah berkeluarga, wajib mengomunikasikan  hal ini kepada suami atau istri dan anak-anak. Jelaskan bahwa kegiatan PPG ini akan menyita waktu lebih banyak. Mintalah pengertian kepada anggota keluarga misalnya mungkin akan terlambat menyiapkan makan atau terlambat pulang, mungkin tidak bisa menemani anak belajar, waktu berkumpul dengan keluarga juga berkurang dan lain sebagainya dapat disesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing. Pengertian dan dukungan dari suami atau istri dan anak-anak akan memberikan ketenangan hati dan pikiran selama mengikuti PPG dalam jabatan ini.

3. Sampaikan Kepada Siswa

Informasi keikutsertaan guru dalam PPG ini, juga wajib disampaikan kepada siswa dengan bahasa yang sesuai. Misalnya perlu disampaikan bahwa Anda akan cuti dan mengikuti PPG disamping itu akan ada guru pengganti (Anda bisa memperkenalkan guru pengganti sekaligus). Jika Anda tidak mengambil cuti, perlu juga disampaikan kepada siswa bahwa Anda sedang mengikuti PPG untuk meningkatkan kualitas mengajar  agar semakin baik dalam mengajar anak-anak. Hal ini nanti dapat dipakai untuk mengantisipasi jika tiba-tiba Anda harus mengikuti zoom pada saat jam pelajaran. Jika siswa sudah diberitahu sejak awal maka akan lebih mudah dalam menjelaskan dan mengatur pertukaran jam sebagai bentuk tanggung jawab dan profesionalitas Anda sebagai pendidik.

4. Tentukan Beberapa Lokasi yang Memiliki Internet Stabil

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline