Koneksi Antar Materi
Modul 1.4
Maria Sri Dian Pratama, S.Pd.
CGP A11
Kabupaten Sikka
Sebagai seorang guru merdeka, saya selalu mencoba terbuka dengan pengetahuan baru yang bermanfaat dalam keseharian saya sebagai seorang guru. Keseharian saya mencerminkan budaya positif melalui teladan dan rasa tanggung jawab atas perilaku murid. Pembelajaran juga berjalan dengan berpusat pada murid. Pembelajaran berpusat pada murid tidak hanya dalam pembelajaran, tetapi juga pada penyelesaian atas masalah yang terjadi. Saya mulai bergerak dari hukuman dan penghargaan menuju konsekuensi dan apresiasi dengan menerapkan segitiga restitusi.
Filosofi pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan menuntun tumbuh kembang murid agar berkembang secara kognitif dan karakter. Sebagai guru guru saya juga mengembang nilai dan peran guru penggerak yang telah saya pelajari. Dalam mencapai semua tujuan itu dimulai dari prakarsa perubahan yang kemudian dijabarkan melalui tahapan BAGJA untuk menentukan langkah-langkah mencapai tujuan tersebut.
Mari KIta melihat kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya.
Disiplin positif
Tujuan dari disiplin positif adalah menanamkan motivasi yang ketiga pada murid-murid kita yaitu untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika murid-murid kita memiliki motivasi tersebut, mereka telah memiliki motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang, motivasi yang tidak akan terpengaruh pada adanya hukuman atau hadiah. Mereka akan tetap berperilaku baik dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan karena mereka ingin menjadi orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang mereka hargai, atau mencapai suatu tujuan mulia
Teori kontrol