Lihat ke Halaman Asli

Maria Sri Dian Pratama

Guru Matematika

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 Filosofi Pendidikan Menurut Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Diperbarui: 19 Juli 2024   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Oleh Maria Sri Dian Pratama, S.Pd.

Peserta Pendidikan Guru Penggerak, A.11 kelas 58, Kabupaten Sikka

A. Sebelum mempelajari Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional

Guru sebagai Pembelajar Merdeka adalah guru yang memberikan kebebasan pembelajaran kepada peserta didik dengan seluas-luasnya, mulai dari kebebasan sumber belajar, lingkungan belajar dan proses belajar. 

Sebagai Pembelajar Merdeka, guru hanya berperan sebagai penuntun, karena pada dasarnya setiap anak sudah mempunyai kodratnya masing-masing. Guru hanya bertugas untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik. Guru pembelajar merdeka adalah guru yang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi peserta didik untuk berpendapat dan bereksplorasi.

Pembelajar yang peka dengan lingkungan sosial dan menjadi solusi terhadap persoalan yang terjadi adalah seorang pembelajar merdeka.. Pembelajar merdeka harus menjadi motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik. Berupaya untuk meningkatkan kemampuan diri dan masyarakatnya secara berimbang. Dalam hal ini sebagai guru kita harus membawa perubahan baik dalam diri peserta didk maupun lingkungan masyarat.

Selama ini saya masih menjadi guru konvensional yang mentransfer materi pelajaran saja dengan menganggap ketuntasan nilai lebih penting daripada memahami karakteristik peserta didik. Saya hanya melihat nilai dari aspek kognitif misalnya saat mereka mengerjakan soal berupa Tugas atau Penilaian Harian jika nilai sudah mencapai KKM dinyatakan bahwa pembelajaran sudah berhasil begitu sebaliknya. Sebelumnya saya hanya fokus utama pada ketercapaian materi mengingat materi yang saya ajarkan karena materi yang sangat padat.

Metode ceramah dan latihan soal menjadi sesuatu yang dominan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan. Saya menuntut peserta didik mengikuti arahan -- arahan yang saya berikan. Jika peserta didik tidak mengikuti arahan, maka saya akan marah dan memberi ancaman serta hukuman. Akibat dari tindakan itu, peserta didik tidak menikmati dan tidak merasa bahagia selama pembelajaran. Saya juga menjadi gagal dalam menanamkan karakter pada peserta didik. Saya merasa masih menjadi pusat pembelajaran.  Modul ini mengajarkan saya pada kerendahan hati seorang guru untuk menuntun dan berhamba pada peserta didik.

B. Filosofi Pemikiran KHD

  1. Guru sebagai Penuntun

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline