Lihat ke Halaman Asli

K12 World Intellectual Property Organization

Diperbarui: 29 Mei 2022   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Nama : Maria Natalia

Nim : 43120010377

Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak.

Universitas Mercu Buana

World intellectual Property Organization  (WIPO) adalah multi-lembaga kunci sistem lateral yang dibebankan dengan kekayaan intelektual (IP). Selama lima dekade terakhir, WIPO telah mengambil peran utama dalam mempromosikan penguatan hak IP, serta penggunaan dan penegakannya di seluruh dunia. 

Sebuah Badan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), WIPO adalah administrator dari 26 perjanjian IP internasional dan menawarkan anggaran yang lebih besar untuk mendukung modernisasi sistem IP di negara-negara berkembang daripada organisasi tunggal lainnya, nasional atau internasional. WIPO juga berfungsi sebagai forum untuk negosiasi antar pemerintah tentang instrumen hukum baru dan untuk debat tentang bagaimana IP bersinggungan dengan berbagai tujuan kebijakan publik – dari kesehatan masyarakat hingga ketahanan pangan.

World intellectual Property Organization  berlangsung di tengah-tengah Perekonomian global yang berubah dengan cepat – sebagaimana dibuktikan dengan kebangkitan ekonomi digital – di mana pasar dan masyarakat semakin terhubung, dan meningkatnya kekuatan negara-negara berkembang telah mengubah dinamika diplomasi internasional di seluruh isu kebijakan global. 

Pekerjaan WIPO juga berlangsung dalam konteks meningkatnya debat politik, ekonomi dan sosial tentang perjanjian, undang-undang, kebijakan, dan praktik IP di seluruh dunia. Namun, meskipun kebijakan dan aturan HKI merupakan inti dari banyak pertempuran berisiko tinggi di seluruh ekonomi pengetahuan global, WIPO sebagian besar tidak diketahui oleh para ahli HKI dan umumnya diabaikan dalam perdebatan tentang tata kelola ekonomi global.

Daftar Pustaka : World intellectual Property Organization, oleh Guriqbal Singh Jaiya; Director, SMEs Division;

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline