Lihat ke Halaman Asli

Media Baru, Media masa kini?

Diperbarui: 27 Agustus 2019   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source : https://www.scribblelive.com/blog/2015/10/20/the-new-dos-and-donts-of-social-media-content-marketing/

Media baru yang berkembang dari media analog menjadi media digital yang tidak hanya mengandalkan teks tulisan, gambar, ataupun rekaman yang berada dalam bentuk fisik serta audiens hanya menerima saja. Namun, saat ini media digital yang lebih interaktif dan audiens dapat mengkritisi informasi yang diberikan oleh berita.  

AWAL MULA MEDIA BARU

Ketika kita mendengar sebuah kata media yang terlintas di pikiran kita adalah teknologi atau pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi seperti, broadcasting, digital printing, rumah produksi film, dan lain sebagainya. Peraturan yang dimiliki oleh media cenderung melihat aspek budaya dan produk materi sebuah institusi media tersebut. Informasi yang diciptakan oleh media, didistribusikan, dikonsumsi masyarakat, diterima, ataupun diatur oleh pemerintah atau berdasarkan kebutuhan pasarnya.

Seiring dengan kemunculan teknologi yang semakin canggih membuat media konvensional seperti televisi dan surat kabar cetak bermigrasi konten, seperti jurnalistik, saat ini tidak harus menjadi jurnalis untuk bisa menulis berita mengenai kejadian sosial yang berada di masyarakat namun masyarakat pun bisa menulis. Perubahan yang dahulu hanya menjadi 'audiences'saat ini  menjadi 'users' dan dari 'consumers' menjadi 'produsen'.

Intensitas Perubahan. Dalam dunia media komunikasi di dunia tidak hanya berada di satu elemen saja, bisa saja berubah dengan seiring waktu sesuai dengan kemunculan teknologi baru yang telah dituliskan di awal. Perubahan elemen dapat terjadi dari satu medium ke medium lain. Berikut ini adalah indikasi dari jenis perubahan sosial, ekonomi, dan budaya yang lebih luas yang terkait dengan media baru :

1. pergantian dari modernitas ke post modern, perubahan dalam struktur sosial dan ekonomi.

2. proses globalisasi, tidak adanya batas dalam perdagangan, kepercayaan, budaya dan lainnya.

3. pergantian era industri manufaktur menjadi post industri

4. penetapan geopolitik, mekanisme media komunikasi yang diatur dan dikuasai  oleh negara barat, serta fasilitas yang diberikan oleh media komunikasi baru.

KARAKTER MEDIA BARU

Karakter dari sebuah media baru adalah perubahan yang terjadi dari proses produksi media, distribusi, dan penggunaannya. Beberapa aspek yang menjadi sebuah media baru adalah digital, interaktif, hipertekstual, virtual, jaringan, dan peniruan. Proses digital yaitu memasukkan semua data diubah menjadi angka. Data yang dimaksudkan seperti foto, teks tulisan, rekaman, dan lain sebagainya. 

Analog media merujuk pada satu bentuk properti fisik yang dapat dimasukkan ke jenis analog lain. melalui analog media ini sebuah budaya diberi kode untuk disusun kembali menjadi sebuah bentuk fisik yang dapat ditunjukkan ke khalayak. analog media ini seperti media cetak (surat kabar, majalah), rekaman suara, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline