Lihat ke Halaman Asli

Penentuan Berat Molekul Berdasarkan Penurunan Titik Beku

Diperbarui: 1 April 2024   06:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar Hasil Praktikum

Titik beku suatu zat adalah temperatur pada dimana fase padat dan cair ada dalam kesetimbangan. Jika kesetimbangan semacam itu diganggu dengan menembahkan atau menarik energi panas, sistem akan berubah dengan membentuk lebih banyak zat cair atau lebih banyak zat padat. Namun temperatur akan tetap pada titik beku selama kudua fase itu masih ada.

PENURUNAN TITIK BEKU LARUTAN                          

Dapat dilihat bahwa tekanan uap larutan lebih rendah daripada tekanan uap pelarut murni. Hal ini menyebabkan penurunan titik beku larutan lebih rendah dibandingkan dengan penurunan titik beku pelarut murni. Selisih temperatur titik beku larutan dengan titik beku pelarut murni disebut penurunan titik beku (ΔTf).
ΔTf = Tf pelarut murni – Tf larutan
Menurut Hukum Backman dan Raoult bahwa penurunan titik beku dan kenaikan titik didih berbanding langsung dengan molalitas yang terlarut di dalamnya. Hukum tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut.
Untuk penurunan titik beku non elektrolit persamaannya dinyatakan sebagai :
Tf = m . Kf = W/Mr. 1000/p . Kf
Untuk penurunan titik beku elektrolit persamaannya dinyatakan sebagai:
Tf = m . Kf . i
dimana:
Tf = penurunan titik beku
m = molalitas larutan
Kf = tetapan penurunan titik beku molal
W = massa zat terlarut
Mr = massa molekul relatif zat terlarut
p = massa pelarut
Apabila pelarutnya air dan tekanan udara 1 atm, maka titik beku larutannya dinyatakan sebagai:
Tf = (O - Tf)oC

Penurunan tekanan uap larutan menyebabkan titik beku larutan menjadi lebih rendah dari titik beku pelarut murninya. Hukum sifat koligatif untuk penurunan titik beku larutan berlaku pada larutan dengan zat terlarut atsiri (volatile) maupun tak-atsiri (nonvolatile). Berdasar hukum tersebut, penurunan titik beku larutan dari titik beku pelarut murninya berbanding lurus dengan molalitas larutan. (Roni & Herawati, 2020).

Berat molekul (BM) atau biasa disebut molekul relatif (Mr) merupakan berat suatu molekul dalam satuan massa atom (sma). Berat molekul (Mr) dapat dihitung dengan menjumlahkan berat seluruh atom yang menyusunnya. Molekul Relatif (Mr)=Berat Molekul (BM)
=Jumlah Ar seluruh atom dalam molekul
=ΣAr atom

Penurunan titik beku yang diakibatkan oleh satu mol partikel zat terlarut dalam satu kilogram pelarut disebut dengan penurunan titik beku molal, yang digunakan sebagai tetapan untuk penentuan berat molekul zat. Apabila g gram zat terlarut mempunyai berat molekul BM dan terlarut dalam p gram pelarut, menghasilkan penurunan titik beku sebesar ΔTf , dan tetapan penurunan titik beku molal Kf , maka berat molekul zat terlarut tersebut dapat dihitungdengan menggunakan persamaan : ………….persamaan (1)

Tujuan Praktikum :

1. Mengetahui titik beku pelarut murni benzena dan titik beku larutan asam benzoat

2. Mengetahui berat molekul zat terlarut 

Adapun Alat dan Bahan pada Praktikum ini sebagai berikut:

*ALAT

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline