Lihat ke Halaman Asli

122 Tahun Bank BRI, Inovasi untuk Melayani

Diperbarui: 5 Januari 2018   00:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

.logoeps.net

Siapa yang tidak kenal Bank BRI? Bank terbesar milik pemerintah di Indonesia ini sudah lama menemani langkah kita. Tidak tanggung-tanggung, tahun ini adalah tahun ke-122 Bank BRI melayani kita sejak berdirinya tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto. Saat ini Bank BRI sudah melebarkan sayapnya di seluruh Indonesia bahkan mancanegara dengan motto  "Melayani dengan setulus hati".

Tampak bahwa Bank BRI serius menjalankan mottonya dalam pelayanan kepada masyarakat. Bukan hanya dengan pembukaan bank sampai di tempat-tempat terpencil namun dengan inovasi yang tiada henti. Pada akhirnya, semua kembali pada tujuan yang sama untuk melayani masyarakat dengan lebih baik dan lebih baik lagi.Berikut adalah beberapa contoh inovasi yang dilakukan Bank BRI untuk melayani nasabahnya:

1. Pengoperasian Kapal Teras BRI

Kapal Teras BRI (Sumber: Kontan)

Bank BRI meluncurkan tiga buah kapal Teras BRI untuk melayani nasabah yang tinggal di pulau-pulau kecil. Ini adalah terobosan luar biasa dari Bank BRI mengingat Indonesia adalah negara kepulauan dengan ribuan pulau, banyak diantaranya berupa pulau-pulau kecil. Dengan adanya bank berbentuk kapal ini, masyarakat di pulau-pulau kecil tetap dapat menjalankan transaksi perbankan tanpa harus repot pergi ke pulau utama. 

Bank berbentuk kapal ini dinamakan Bahtera Seva. Sudah ada beberapa kapal yang beroperasi sejak tahun 2015 yang lalu, diantaranya melayani Kepulauan Seribu-Jakarta, Ambon, serta Kepulauan Riau. 

2. Kepemilikan Satelit Sendiri

BRISat, satelit milik Bank BRI (Sumber: Kabarin.co)

Sejak tahun 2016 kemarin, tepatnya 17 Juni, dini hari, BRISat resmi diluncurkan. Satelit milik Bank BRI ini menjadikan BRI sebagai satu-satunya bank di Indonesia yang memiliki satelitnya sendiri sekaligus menjamin kestabilan transaksi perbankan Anda. 

3. Pengadaan Cabang Digital Bank BRI

Mesin pembukaan rekening baru (Sumber: detik.com)

Bagi orang-orang sibuk yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengantre di CS bank untuk membuka rekening, Bank BRI mengadakan inovasi berupa cabang digital Bank BRI. Didukung dengan kestabilan jaringan perbankan via BRISat, cabang digital dapat ditemukan di mall dan tempat strategis lainnya.

Cabang digital Bank BRI ini terdiri dari satu mesin pembukaan rekening baru yang juga berfungsi sebagai mesin setor tunai dan satu orang petugas. Hanya diperlukan waktu kurang dari tiga menit untuk membuat rekening baru. Syaratnya calon nasabag harus mempunyai e-KTP. Mudah bukan? 

4. Transfer dari Luar Negeri Bebas Biaya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline