Lihat ke Halaman Asli

Maria G Soemitro

TERVERIFIKASI

Volunteer Zero Waste Cities

Jago Bahasa Jepang dan Manfaatnya

Diperbarui: 30 Agustus 2023   07:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber:WaGoMu #JapaneseClass

Bangga lulus sarjana dalam 3 setengah tahun? Bagus sih, tapi apakah punya kelebihan selain tanda bukti lulus sarjana? Contohnya pernah ikut BEM, kegiatan seni/olahraga/bahasa di unit kegiatan mahasiswa (UKM), atau menjadi relawan sosial/budaya/lingkungan hidup serta aktivitas lain, atau minimal setahun sekali ikut gabung panitia 17 Agustus.

Jika jawabannya tidak, maka hanya keberuntungan Anda diterima kerja. Paling tidak, dulu sewaktu saya masih aktif ngantor, saya akan mencoret calon pegawai yang "nol" seperti itu.

Apalagi sekarang, di era internet cepat dan harga smartphone sangat terjangkau, banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan secara online. Malesin banget punya anak buah/karyawan yang punya smartphone cuma buat kepoin kehidupan selebriti dan scroll video short-nya TikTok.

Daftar Isi:

Yuk Gunakan Smartphone untuk Menambah Skill

3 Manfaat Belajar Bahasa Jepang

  • Akses Belajar dan Beasiswa ke Jepang
  • Membuka Akses Pekerjaan ke Jepang
  • Memotivasi untuk Mempelajari Bahasa Asing Lainnya

Pengalaman Mengikuti Japanese Class di Wagomu

Bahkan saya yang udah menginjak usia senja, masih hobi belajar lho. Mulai dari belajar bikin kue, fotografi, blogging, SEO (yang bikin kepala nyut-nyutan), dan yang sedang asyik-asyiknya: Belajar Bahasa Jepang!

Semula saya belajar Bahasa Jepang melalui Japanese Class WaGoMu di YouTube, karena tertarik. Narator/hostnya seorang perempuan cantik dengan artikulasi jelas dan punya pendekatan yang menyenangkan.

Buat saya ini penting. Bahasa Jepang kan kelihatannya susah. Hurufnya nampak membingungkan. Jika pendekatannya ribet, bisa antipati deh pada pelajarannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline