Lihat ke Halaman Asli

Maria G Soemitro

TERVERIFIKASI

Volunteer Zero Waste Cities

Warung Kelontong, Mandiri Tanpa Bantuan Pemerintah

Diperbarui: 3 November 2015   18:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="warung-mart, dok. bantenbiz.com"][/caption]Tempat usaha itu tidak seberapa luas, hanya sekitar 2 x 3 meter. Barang yang ditumpuk tak beraturan memaksa pemiliknya sering harus meloncati tumpukan kardus. Di lokasi lain, tempat usaha serupa memiliki ruangan yang lebih lapang, mungkin sekitar 5 x 4 meter. Dengan beberapa kardus dan rak berisi barang-barang yang dibutuhkan pembeli, memudahkan mereka memilih, membawanya ke kasir yang akan menghitung jumlah belanjaan dengan bantuan komputer.

Saya menamainya Warung-mart, karena menurut wiki, warung adalah usaha kecil milik keluarga yang berbentuk kedai, kios, toko kecil, restoran sederhana — istilah "warung" dapat ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Warung adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan keseharian rakyat Indonesia. Sedangkan warung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: warung/wa•rung/ n tempat menjual makanan, minuman, kelontong, dan sebagainya; kedai; lepau.

Bisa ditarik kesimpulan, warung adalah tempat usaha milik keluarga yang menjual makanan, minuman, kelontong. Jadi kira-kira tepatlah penyematan nama warung-mart sebagai tempat usaha yang dimiliki suatu keluarga, berkonsep mirip ritel modern karena pembeli bisa mengambil sendiri barang yang dibutuhkan. Sedangkan penjual menggunakan komputer kasir untuk kemudahan transaksi dan meminimalisasi kesalahan hitung yang sering terjadi dalam usaha ritel tradisional.

Keberadaan warung-mart semakin marak di kota-kota besar. Dari luar, bisa ditandai dengan adanya tumpukan barang kebutuhan sehari-hari seperti kopi, gula, tepung, beras, sabun. Bahkan di Tangerang (Jakarta coret ^_^ ) saya mendapati warung-mart yang cukup lengkap. Bahan baku membuat kue, hingga pasta dan keju tersedia, mungkin disesuaikan dengan kebutuhan penduduk setempat. Sedangkan di Bandung, walau tidak selengkap itu, kehadiran warung-mart yang satu dengan yang lain begitu dekat. Herannya masing-masing warung-mart dikerubuti pembeli.

Keberadaan warung-mart nampaknya mengisi kekosongan ceruk akibat masifnya ritel modern yang berekspansi hingga ke pelosok kota. Ritel modern memang kinclong, penuh warna-warni yang mengundang untuk datang. Tempatnya bersih, rapi, sejuk, pegawainya ramah. Tapi hmmm….. benarkah pembeli lebih menyukai berbelanja di situ jika tempat lain menawarkan harga lebih murah?

Memangnya apa yang ditawarkan warung-mart? Hanya harga murah. Karena penjualnya tidak mempunyai waktu untuk tersenyum dan berdandan wangi. Lantainya kusam dan kotor bekas tumpahan tepung atau minuman. Bahkan di beberapa lokasi, lantai warung-mart tertutup barang dagangan. Sering penjual harus menimbang barang di trotoar. Waduh, perbedaannya dengan ritel modern, bagai bumi dan langit.

Tapi justru karena mampu menjual dengan harga murah, warung-mart mempunyai 2 segmen pembeli tetap:

  • Ibu rumah tangga yang membeli produk harian (sabun, gula, minyak goreng dan lain-lain) dengan alasan harganya lebih murah dari ritel modern.
  • Pemilik warung kecil di permukiman padat penduduk. Sebelum ada warung-mart, mereka umumnya harus berbelanja ke pusat grosir yang tentu saja menghabiskan lebiih banyak waktu dan ongkos.

Kedua segmen pembeli tersebut tidak mempedulikan penampilan tempatnya berbelanja, karena yang penting murah. Tak heran banyak warung-mart baru yang dengan pedenya bersanding di sebelah ritel modern. Pede dengan lantainya yang kusam dan kotor akibat tumpahan barang dan lalu lalang pembeli. Pede tanpa sorot lampu gemebyar. Pede tanpa desain interior yang mampu merayu pembeli untuk singgah dan belanja.

Justru ritel modernlah yang belingsatan menghadapi persaingan. Saingannya tidak hanya warung-mart tetapi juga antar ritel modern yang berbeda pemilik. Jarak antar setiap ritel modern begitu dekat, bisa 100 meter, bisa juga berdampingan. Tentunya dengan slogan kuno: “Rezeki mah ngga akan ketuker” … Yaiyalah pasti Tuhan akan melimpahkan rezekinya, tapi jangan pake ilmu nekad dong, karena ceruknya terlalu sempit.

Beragam strategi pemasaran dilakukan ritel modern, mulai membanting harga beberapa item produk dengan syarat pembeli harus berbelanja sejumlah tertentu. Atau pemberian stamp (perangko) untuk ditukarkan merchandise yang menarik. Gara-gara tertarik merchandise, konsumen sering tanpa sadar merogoh kocek lumayan dalam bahkan sering membeli produk yang tidak dibutuhkan hanya demi memperoleh seperangkat piring, mangkok atau pisau. Hmmm…… kok familier ya? ^_^

Warung-mart jelas tak mampu berstrategi demikian. Mereka tak memiliki modal miliaran rupiah, sumber daya manusianya pun terbatas. Tapi mereka tidak perlu melakukan hal tersebut. Nyatanya warung-mart justru ramai didatangi pembeli, jauh lebih banyak dibanding ritel modern yang harus memutar otak dengan keras agar dagangannya laris manis tanjung kimpul.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline