Para pemimpin organisasi, baik di level manajemen tingkat tinggi, menengah, maupun bawah, dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menerjemahkan visi dan misi organisasi ke dalam sasaran, strategi, maupun kebijakan yang lebih operasional. Efektivitas seorang pemimpin sangat ditentukan oleh seberapa efektif pengambilan keputusan strategis yang ia hasilkan dalam kerangka mencapai sasaran yang hendak diraih. Pengambilan keputusan sendiri sangatlah ditentukan oleh seberapa baik pemimpin menguasai data dari lingkungan tempat organisasi mereka berada. Namun, kelengkapan data belum akan menjadikan se-
orang pengambil keputusan mampu menghasilkan keputusan yang tepat, apabila pemimpin tidak oleh tools analysis yang baik serta sistem pendukung keputusan yang mampu mengolah data menjadi
informasi yang berguna bagi organisasi, khususnya untuk mendukung pencapaian sasaran Di sinilah pentingnya para pemimpin
memiliki pengetahuan tentang pengambilan keputusan strategis.Pengambilan keputusan strategis adalah bagian yang tidak akan per-
nah terlepas dari manajemen strategis, mengingat manajemen strategis itu sendiri secara umum didefinisikan sebagai seperangkat dan serangkaian keputusan serta tindakan yang digunakan untuk memformulasikan dan mengimplementasikan strategi-strategi yang berdaya saing tinggi dan sesuai bagi organisasi dan lingkungannya guna mencapai sasaran organisasi.
keputusan strategis memiliki dampak yang sangat luas pada upaya-upaya penggerakan dan pengalokasian sumber daya organisasi yang bukan tidak terbatas. Telah banyak contoh yang dapat kita petik selama ini dari banyak keputusan strategis yang dilakukan oleh pemimpin organisasi, yang kemudian justru
menjauhkan organisasi dari tujuan yang hendak dicapai. Ada pun beberapa bentuk strategi yang dilakukan untuk melawan pengaruh lingkungan eksternal:
1. Strategi Generik (Generic Strategy)
Strategi generik diartikan sebagai cara suatu organisasi untuk mengejar keunggulan kompetitifnya di seluruh cakupan dalam rangka memenangkan persaingan. Berbagai model strategi generik dikemukakan oleh para ahli manajemen strategis, antara lain Fred R. David, Pearce dan Robinson, Michael E. Porter, serta Wheelen dan Hunger, yang secara garis besar dapat diuraikan sebagai berikut:
Fred R. David memperkenalkan empat generic strategy, yaitu:
a. Vertical Integration