Kamu tentunya sudah banyak dengar kalau pekerjaan di dunia digital seperti content creator kerap diremehkan, bukan? Sering dianggap gak kerja karena jarang ke kantor, kerjaan gak jelas dan lain sebagainya. Tapi, sebenernya apa sih yang dimaksud content creator itu?
Menurut Angelia Rosta, content creator merujuk kepada pengisi konten foto, video, musik maupun tulisan di berbagai platform baik itu instagram, twitter, wordpress, youtube hingga tiktok.
Berbeda dengan influencer, konten yang dibuat sang content creator bukan untuk menjual produk atau jasa melainkan semata-mata untuk menghibur dan mengedukasi. Content creator sendiri memiliki beragam niche market yang bisa kamu pilih diantaranya ada fashion and beauty seperti yang dilakoni Angelia Rosta, travel, lifestyle, sports, gaming, health dan family.
Sedikit saran ketika kamu hendak memutuskan niche market, penting untuk mengetahui di bidang mana passionmu dan apa yang ingin kamu sharing. Misalnya kamu merasa paham betul dengan dunia kosmetika dan ingin sharing tips and trick menggunakan kosmetika yang cocok untuk kaum remaja, sebaiknya sebagai content creator kamu memilih bidang beauty dengan membidik para remaja wanita sebagai target marketnya.
Jangan lupa untuk tetap menonjolkan style khas kita berkonten supaya gampang diingat followers. Berikutnya, poin yang tak kalah penting adalah memilih platform yang sesuai.
Dalam kasus tadi misalkan, kamu bisa memilih platform instagram, youtube, atau tiktok jika kamu menginginkan praktik langsung atas tips and trick yang kamu berikan.
Namun jika ingin menjelaskan lebih detail, kamu bisa memilih platform website atau blog. Komposisi konten (grid/tone) dalam tata letak konten juga perlu diperhatikan agar tidak monoton.
Terakhir sekaligus yang paling sulit dari pekerjaan sang content cretor adalah mencari inspirasi. Inspirasi inilah yang nantinya diolah sekreatif mungkin agar dapat menghasilkan konten yang tidak hanya menarik secara visual, tapi juga berbobot dan kekinian.
Untuk mencari inspirasi pembuatan konten, kamu bisa mulai dengan mengingat kembali pengalamanmu, melihat tren di masyarakat, menonton film atau mendengarkan lagu. Gimana? Masih meremehkan pekerjaan seorang content creator?
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI