Lihat ke Halaman Asli

Maria Fillieta Kusumantara

S1 Akuntansi Atma Jaya

Mengintip Bisnis Women Fashion Retail Sukses Victoria’s Secret

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Victoria’s Secret Fashion Show 2014

Tahun ini, Victoria’s Secret, one of the branded women fashion retail USA, mengadakan annual fashion show untuk koleksi 2015 nya yang so amazing di London. Dibagi ke dalam 4 segmen besar yang masing-masing punya cerita tersendiri. Segmen pertama dimulai dengan  Exotic Traveller and Gilded Angels yang bercerita mengenai para Angels menjadi traveller yang eksotis. Di segmen ini, ditampilkan para Angels mengenakan gold wings yang memunculkan kesan glamour. Panggung runway juga dihias super glamour. Penampilan para Angels juga ditemani lantunan syair merdu dari Ed Sheeran. Yang mencuri perhatian pada segmen itu adalah dua pasang Fantasy Bras yang dibawakan Angels Alessandra Ambrosio dan Angels Adriana Lima yang dilengkapi dengan perhiasan dan kristal seharga $16.000 per piece serta emas 18 karat yang sangat luar biasa, dibuat dalam waktu 1380 jam, wow! Angel Candice Swanepoel tampil menawan dalam balutan gold wings and gold accessories, Karlie Kloss dengan gold jacket nya, Lindsay Ellingson dengan gold wings nya yang unik dan masih banyak lagi angels dengan berbagai gold wings dan aksesoris yang super catchy.

Segmen kedua ‘University of Pink’ menggambarkan suasana kampus yang girly dengan mengangkat pink sebagai ciri khasnya. Ditemani Ariana Grande yang tampil memukau dengan bra top dan short hitam yang tampil dengan memedley lagu Break Free, Bang-Bang, Love Me Harder dan Problem sambil sesekali berinteraksi dengan para supermodel, Sara Sampaio dan Nashir Mazhar tampil sporty dengan kostum olahraga, Elsa Hosk tampil super gorgeous dengan sporty look dilengkapi mettalic jacket disertai sayap bulu bertuliskan Pink, Dimitrios Kambouris tampil dengan long sleeve sweater dan dilengkapi dengan sepatu boot high heelsnya yang unik.

Segmen ketiga ‘Fairy Tale’ terinspirasi dari kisah Tinker Bell, desain panggung menyerupai dunia peri dengan sebuah buku cerita besar diletakkan di tengah panggung, dilengkapi pohon-pohon dengan daun yang sudah berguguran, para Angels melenggang elok diiringi lagu slow dari Hozier. Lili Donaldson tampil dengan sayapnya yang didominasi warna pink dan ungu disertai figur bunga, Behatti Prinsloo dengan penampilan sebagai ‘Green Fairy’ yang menarik, dan Candice Swanepoel dengan sayap mirip capung yang indah.

Segmen terakhir ditutup dengan cantik oleh penampilan Taylor Swift menyanyikan lagu Blank Space yang sempat juga dibuat lip syncnya oleh para Angels. Dengan desain panggung dibuat mirip dengan ball dance dengan lantai papan catur, para angels tampil menawan dan makin eksotis saja. Karlie Kloss tampil cantik dengan luaran hitam dan bergandangan tangan bersama Tay. Alessandra Ambrosio juga tampil glam dengan busana dan rok serta wings yang juga nuansa hitam, so cool. Houte Hoodlum keren dengan metallic wings dan busana jaring-jaringnya. Di akhir shownya, para Angels berfoto bersama di backstage dengan para bintang tamu fashion show dan ditutup dengan ciamik dengan pelemparan balon-balon diatas panggung. So Extraordinary fashion show!

Analisis Bisnis

Victoria’s Secret adalah salah satu contoh perusahaan yang bergerak dalam pasar kompetisi monopolistik. Hal ini dilihat karena banyaknya produsen yang memproduksi barang serupa. Lantas pertanyaannya, mengapa Victoria’s Secret menjadi brand ternama dan tetap eksis di tengah persaingan yang begitu ketat di kancah internasional? Jawabannya adalah karena Victoria’s Secret menerapkan bauran pemasaran yang hebat. Dari segi Product, dia memproduksi produk yang berhubungan dengan fashion wanita dan berbagai produk kecantikan seperti parfum, body mist, perawatan tubuh, make up dan lain-lain untuk kalangan remaja dan dewasa dengan desain yang unik dan menarik serta efek glamour yang terpancar dari produk-produknya. Dari segi harga, Victoria’s Secret memang merancang harga yang relatif tinggi karena memang pangsa pasarnya untuk kalangan menengah keatas. Dari segi penempatan, Victoria’s Secret memilih membuka toko yang sudah tersebar di berbagai negara dan juga menjual online. Dari segi promosi bisa dibilang perusahaan ini cukup wow karena menerapkan sistem promosi yang cukup menarik dengan mengemas fashion show yang unik, memiliki angels-angels sebagai media promosi, iklan di berbagai stasiun TV dan internet, dan promo special price atau diskon-diskon menarik pada saat-saat tertntu dan perayaan-perayaan khusus seperti pada saat thanksgiving, valentine, christmas, dll. Selain itu di balik ternamannya brand ini, Victoria’s Secret tetap menjaga kualitas produknya agar tetap bagus dan tetap disukai konsumennya.

Dari segi Segmentasi pasar, Victoria’s Secret memilih menggunakan sistem segmentasi demografi berdasarkan usia dan jenis kelamin dengan membuat produk khusus wanita,remaja dan dewasa. Dari satu brand, dia membuat segmentasi lagi yaitu Victoria’s Secret Pink yang ditujukan untuk kalangan ramaja 18-22 tahun dan Victoria’s Secret Sport untuk busana olahraga. Apa yang menjadi motto perusahaan ini? ‘A Body for Every Body, Perfect Fit, Perfect Comfort, Perfectly Soft’ lah yang dipilih brand ini. Ini menggambarkan bahwa Victoria’s Secret adalah suatu brand yang akan membawa pemakainya mendapatkan tubuh yang sempurna, nyaman, dan dengan bahan yang halus dan lembut.

Analisis Manajemen

Manajemen Sumber Daya Manusia

Untuk meningkatkan keeksisan brand ini di kancah internasional dan mempertahankan kualitas, Angels yang akan terlibat diseleksi secara ketat dari berbagai negara. Tidak hanya dinilai dari postur tubuh yang menarik saja, tapi juga dinilai dari cara berjalan di catwalk, keramahan dan kepandaian dalam komunikasi yang sangat penting untuk membangun hubungan pelanggan. Namun dibalik kesuksesan brand tersebut, ternyata sistem penggajian karyawan dinilai kurang baik berdasarkan review para karyawan, namun disamping itu, hubungan ketengakerjaaan secara umum baik dan dinilai sebagai family oriented company.

Perilaku Organisasi

Dalam perusahaan ini, produktifitas karyawan tinggi, jam kerja yang cukup panjang yang cukup melelahkan menurut review karyawan, dikatakan bahwa dalam perusahaan ini pada masa liburan karyawan diharuskan datang pada jam 3 pagi dan pada hari biasa pukul 5 pagi. Cukup mengherankan karena tidak biasanya organisasi memperlakukan aturan seperti ini. Selain itu budaya organisasi yang bergitu kuat juga nampak dalam perusahaan ini terlihat dari kedisiplinan yang tinggi, pengontrolan manajemen dan produk yang tinggi, menjawab seluruh permintaan konsumen, serta membangun hubungan pelanggan yang baik dengan menyapa konsumen setiap kali datang ke toko mereka dan membantu para konsumen yang datang berbelanja ke toko mereka untuk menemukan barang yang baik yang mereka cari, inilah salah satu hal dimana perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan ternama yang baik kiranya dapat menjadi pembelajaran bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menurut saya masih kurang dalam hal manajemen. Kebanyakan karyawan juga antusias dan puas bekerja di perusahaan ini karena lingkungan kerja yang menyenangkan, bisa mendapatkan banyak pengalaman; pembelajaran dan kemajuan, job yang fleksibel, pelatihan yang baik serta rekan kerja yang baik. Namun, ada tantangan lain yang harus diterima karyawan yang bekerja disini yaitu harus mampu bekerja di bawah tekanan, inilah yang kadang membuat karyawan menjadi kurang senang.

Kekurangan dan Kelebihan Bisnis ini

Kelebihannya : Secara produk, Victoria’s Secret cukup baik dan unik sehingga dapat unggul di pasaran, hubungan pelanggan yang baik dan pekerja yang gigih dalam mewujudkan suksesnya bisnis ini

Kekurangannya : Manajemen masih sedikit kurang baik & kurang memberi fleksibilitas bagi karyawannya

Sumber : http://www.indeed.com/cmp/Victoria's-Secret/reviews?start=60

http://www.glamourmagazine.co.uk/news/fashion/2014/04/15/victorias-secret-fashion-show-2014-london




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline