Era digitalisasi merupakan kabar baik bagi para pebisnis. Mengapa? Ruang digital tidak membatasi kita untuk berbisnis. Ruang digital justru memberikan kesempatan yang besar dalam menjangkau pemasaran produk usaha kita!
Bagi yang ingin memulai bisnis secara daring, namun masih merasa ragu-ragu, tenang saja. Pembahasan kali ini akan memberikan pengetahuan tentang solusi keberhasilan berbisnis secara daring. Mau tahu caranya? Yuk, simak penjelasan berikut!
Pembahasan kali ini akan membahas SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization). Memang, bagi sebagian besar orang, SEO dan SEM merupakan istilah yang asing.
Tetapi, SEO dan SEM sangat erat dengan pemasaran digital berdasar pada pengelolaan website bisnis kita.
Pemasaran digital merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk kita berdasarkan database. Hal ini ditujukan supaya pebisnis dapat mempunyai pelanggan yang tak terbatas pada ruang dan waktu, lebih cepat, efisien, dan hemat biaya dalam memasarkan produk.
SEO dan SEM merupakan salah satu cara pemasaran digital untuk mengoptimalkan pemakaian mesin pencarian dalam menampilkan situs bisnis kita.
Walaupun mempunyai sedikit perbedaan, SEM dan SEO saling terhubung dan tidak dapat terpisahkan sebagai kunci penting keberhasilan berbisnis secara daring.
Perlu kita ketahui , menurut Ebner dan Granitza dalam buku The SEO Book : The Way to Nr.1 (2020), SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian proses untuk mendapatkan peringkat atau popularitas tertinggi diantara situs lainnya saat ditelusuri di mesin pencarian seperti Yahoo, Google, dan sebagainya .
Sedangkan SEM berfungsi untuk mendapatkan peringkat tertinggi dengan cara membayar biaya iklan kepada mesin pencarian seperti PPC (Pay Per Click) yang memiliki manfaat untuk meningkatkan pengunjung website dengan cara memasang iklan (Halim, dkk, 2020).
Perbedaan SEM dan SEO