Lihat ke Halaman Asli

Tindakan Kecil untuk Bumi

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Melakukan tindakan yang berguna bagi kehidupan adalah cita-cita dari setiap orang. Bumi yang kita tempati sudah semaikin rusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Sudah saatnya kita merawat bumi agar ia tersenyum kembali. Kalau bukan kita sebagai generasi muda yang memulai siapa lagi. Kita tidak boleh kalah dari orang yang lebih tua, justru kita yang muda inilah saatnya menunjukkan diri.

Menebang pohon tanpa melakukan penanaman kembali juga menjadi hal yang tidak baik. Oksigen yang kita hirup berasal dari pohon. Pohon mampu menyerap asap hasil industri. Akar dari pohon mampu menyerap air yang dapat digunakan sebagai sumber air dan dapat mencegah longsor. Batangnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan mebel.

Untuk itu mari kita lakukan hal kecil yang nantinya dapat membuat perubahan besar bagi bumi. Caranya adalah dengan ikut menanam tanaman perindang paling tidak di depan rumah. Tindakan yang meskipun kecil akan jauh lebih berharga daripada hanya bicara saja.

Terlebih lagi jika kita memiliki lahan yang luas atau bahkan kebun. Lahan tersebut bisa kita manfaatkan untuk menanam berbagai jenis pohon. Tentunya tidak hanya pohon sebagi perindang. Beberapa puluh tahun kemudian pohon bisa menghasilkan rupiah. Sebut saja pohon jati, pohon mahoni, pohon sengon, samapi pohon gaharu. Tetapi jangan lupa untuk kembali menanam jika sudah ditebang. Tidak hanya bumi yang ikut senang, tetapi kita sendiri juga akan menikmati hasilnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline