Lihat ke Halaman Asli

Maria NurFauziah

Mahasiswa pendidikan tari

Pelatihan Tari Anak-Anak di Kelurahan Cipaganti

Diperbarui: 23 Agustus 2022   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat Universitas Pendidikan Indonesia Menyelenggarakan Kegiatan Rutin Setiap Tahun yakni Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Kegiatan tersebut merupakan aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan KKN pada Tahun 2022 mengangkat tema " KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's dan MBKM". 

Kegiatan pembukaan KKN Tematik Tahun 2022 di buka bersama Dr. Lenni Anggraeni pada tanggal 5 Juli 2022 secara daring melalui virtual zoom meeting dan live streaming Youtube Kanal LPPM Universitas Pendidikan Indonesia.

dokpri

Penulis bersama kelompok di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan sekaligus pengarah penulis dalam menyusun artikel ibu Dra. Heni Rusnayati berkesempatan melaksanakan kegiatan KKN di Kelurahan Cipaganti, tepatnya di kantor Kelurahan Cipaganti  sebagai titik utama yang berlokasi di Jl. Hegar Asih II No. 18, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40131. 

Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok kecil dengan masing-masing program berbeda yaitu bidang Pendidikan non-formal (pembelajaran tari dan bahasa inggris) dan UMKM. 

Selain menyesuaikan dengan tema kegiatan, program yang disusun juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan dengan hasil survey lapangan dan koordinasi dengan pihak Kelurahan Cipaganti yang bertindak sebagai mitra. Pada artikel ini penulis akan memfokuskan pembahasan pada program Pendidikan non-formal yaitu pembelajaran seni tari.

dokpri

Menari selalu menjadi hal yang menarik bagi siapa saja, tak terkecuali anak-anak karena disinilah anak dapat mengekplorasi diri mereka untuk berekpresi namun tetap mengembangkan kompetensi. 

Seperti yang diketahui bahwa ada empat aspek perkembangan yang harus dikembangkan dalam diri anak-anak sedini mungkin yaitu aspek kognitif, afektif, sosial, dan psikomotorik. Diharapkan melalui pembelajaran tari dapat mengembangkan ke empat aspek perkembangan tersebut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline