Lihat ke Halaman Asli

Maria Fina

Konsultan HR- Motivator- Blogger - Financial Consultant

HRD Peran dan Tanggung Jawabnya Dalam Sebuah Organisasi Perusahaan yang Banyak Belum Dipahami

Diperbarui: 17 Januari 2023   18:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

FROM : CANVA

HRD mungkin merupakan departemen yang paling membingungkan di seluruh organisasi perusahaan tempat kita bekerja ---semua orang tahu bahwa mereka penting, tetapi sangat sedikit karyawan yang tahu alasannya.

Jadi apa yang dilakukan seorang yang bekerja di Departement Sumber Daya manusia atau HRD ini.

Berikut uraian mendalam tentang apa yang dilakukan HRD (atau apa yang seharusnya mereka lakukan) untuk memenuhi kebutuhan karyawan.

FROM : CANVA

Apa itu HRD?

Dalam istilah paling sederhana, HRD (human resources development) adalah departemen SDM (Sumber Daya Manusia) adalah kelompok yang bertanggung jawab untuk mengelola siklus hidup karyawan (yaitu, merekrut, mempekerjakan, onboarding, melatih, dan memecat karyawan) dan mengelola tunjangan karyawan.

Apa yang dilakukan oleh Department HRD

Kalau kita bertanya kepada karyawan apa HRD itu, dan kita akan mendapatkan jawaban yang terutama berkaitan dengan aspek pekerjaan yang paling tidak nyaman: pelanggaran SDM, PHK, dan pemecatan. Tetapi kenyataannya adalah bahwa HRD ada untuk mendukung karyawan. 

Berikut adalah beberapa tugas yang sibuk diselesaikan oleh departemen HRD setiap harinya.

FROM : CANVA

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline