Lihat ke Halaman Asli

Maria Fina

Konsultan HR- Motivator- Blogger - Financial Consultant

Pembelajaran Diri dan Siap Keluar dari Zona Diri

Diperbarui: 3 Mei 2022   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi frsh graduate (Sumber: Kredivo via monry.kompas.com)

Dalam dunia kerja, baik dalam seleksi interview, kita menemui banyak fresh graduate baik S1 dan S2 terutama yang hanya berlabel pendidikan tinggi lalu melamar kerja dengan posisi yang belum pernah dijalani sebelumnya.

Anggaplah fresh graduate lulus ketika melamar, dipilih adalah manager operasional atau manager keuangan atau apapun yang bergelar manager deh, yang penting gajinya gede bisa memenuhi kehidupan saat ini.

Padahal sekolah dengan nilai yang baik adalah bekal kita dalam mempersiapkan diri dalam dunia kerja yang bukan mengandalkan nilai dan sekolah saja, namun bagaimana itu dipakai dalam dunia pekerjaan kita.

Baru-baru ini, ada interview fresh graduate lulusan S2 dan belum ada pengalaman kerja sama sekali, akhirnya diterima bekerja di perusahaan klien karena anaknya memiliki sikap baik dan mau belajar.

Posisi yang ia lamar adalah accounting staff. Tiga bulan bekerja dan adaptasi dengan lingkungan kerja baru, bekerja sama dengan tim sampai semua di divisi departemen.

Atasannya bingung karena anak fresh graduate S2 ini masih muda, namun disuruh presentasi dan bahkan menyiapkan beberapa bahan untuk projek kantor. 

Dibanding rekan kerjanya yang SMK dan S1, ia sering bingung, atasan dan rekan kerjanya sudah membimbing, ternyata anaknya selalu bertanya dan minta didikte.

Awal interview apply menjadi manager, namun selama kerja banyak didikte dan tidak punya daya analisa, alhasil rekan kerjanya dan atasannya juga kerepotan karena setiap hari hasil pekerjaannya tidak ada pembelajarannya.

Pernah diminta untuk minta data ke warehouse untuk menganalisis atas laporan dan stock opname dan harus seminggu kemudian dikerjakan.

Kerja pagi pulang sore seperti karyawan biasa, akibatnya data yang harus dikumpulkan akhir bulan justru tidak selesai, rekan kerjanya dan atasannya pun yang akhirnya harus menyelesaikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline