Lihat ke Halaman Asli

Dampak Perubahan Harga terhadap Permintaan dan Penawaran di Pasar

Diperbarui: 7 Desember 2023   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pasar merupakan tempat interaksi antara penawaran dan permintaan suatu produk atau jasa. Dalam pasar, perubahan harga memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen dan produsen.

Pengaruh Perubahan Harga Terhadap Permintaan:

Perubahan harga dapat memiliki dampak yang besar terhadap permintaan suatu produk. Secara umum, ketika harga suatu produk naik, ceteris paribus (asumsi lainnya tetap sama), maka permintaan akan cenderung menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya efek substitusi dan efek pendapatan. Efek substitusi terjadi ketika konsumen beralih ke produk lain yang lebih terjangkau jika harga naik. Sedangkan efek pendapatan terjadi ketika konsumen merasa daya belinya berkurang dan memilih mengurangi konsumsi produk tersebut. Sebaliknya, jika harga turun, ceteris paribus, permintaan cenderung meningkat karena konsumen merasa produk tersebut lebih terjangkau atau memiliki daya beli yang lebih besar.

Pengaruh Perubahan Harga Terhadap Penawaran:

Perubahan harga juga mempengaruhi penawaran suatu produk. Ketika harga produk naik, ceteris paribus, produsen akan cenderung menyediakan lebih banyak produk karena mereka dapat memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika harga turun, ceteris paribus, produsen akan cenderung menyediakan lebih sedikit produk karena keuntungan yang diperoleh menjadi lebih rendah. Dalam jangka panjang, produsen dapat merespon perubahan harga melalui penyesuaian kapasitas produksi, investasi dalam teknologi yang lebih efisien, atau bahkan masuk atau keluar dari pasar.

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan adalah sebagai berikut: 

1. Harga barang atau jasa itu sendiri

Jika harga naik, jumlah barang atau jasa yang diminta konsumen akan berkurang. Namun, sebaliknya jika harga turun tingkat permintaan akan barang atau jasa yang diminta akan semakin banyak.

2. Pendapatan konsumen 

Pendapatan rata-rata setiap konsumen mempengaruhi jumlah permintaan akan barang dan jasa. Pendapatan konsumen yang meningkat, permintaan akan barang dan jasa juga akan cenderung meningkat.

3. Selera konsumen

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline