Lihat ke Halaman Asli

Maria Qibtiah

S1 Sastra Inggris Universitas Diponegoro

Pahami Makna, Bijak Berplastik

Diperbarui: 11 Agustus 2022   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, pemahaman akan istilah dalam Bahasa Inggris terkait dengan menjaga lingkungan dari sampah plastik menjadi pengetahuan umum yang sering dijumpai dan digunakan. Contohnya, seperti kata Recycle yang sangat umum digunakan pada proses pemilahan sampah.

Tahu kata belum tentu tahu makna, ungkapan tersebut menunjukkan bahwa biasanya anak-anak menyerap kata tanpa tahu makna yang terkandung sehingga perlu pemahaman agar anak dapat menerapkan kegiatan dari istilah tersebut. Terlebih lagi untuk istilah Bahasa Inggris. Hal tersebut mendorong salah satu mahasiswa S1- Sastra Inggris Universitas Diponegoro (UNDIP) untuk melakukan sosialisasi pemahaman istilah dalam Bahasa Inggris terkait menjaga lingkungan dari sampah plastik kepada para pelajar sekolah dasar.

kompas-1-62f3e22508a8b5303e480044.jpg

dok pribadi

Mahasiswa bernama Maria Qibtiah, melaksanakan sosialisasi “Booklet Pemahaman Istilah 6R” pada Selasa (02/08/22). Sosialisasi diberikan pada kelas 4, yakni 4A dan 4B di SDN Karangroto 02. Harapannya sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran para murid untuk tertib dan memahami pentingnya menjaga lingkungan dari sampah agar lingkungan tetap bersih dan asri. 

Materi sosialisasi ini berupa booklet bergambar yang membahas prinsip 6R (Reduce, Reuse, Recycle, Repair, Refuse, Rethink) yang menarik bagi para siswa untuk dibaca.

“Fasilitas sampah berwarna untuk pemilahan sampah sudah tersedia, namun sosialisasi mengenai pentingnya meilah sampah dan mengurangi penggunaan plastik serta kegiatan menjaga lingkungan terkait sampah lainnya belum gencar dilakukan.” ucap Pak Mukhri selaku Kepala Sekolah SDN Karangroto 02.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline