Lihat ke Halaman Asli

Marhento Wintolo

Pensiunan Dosen

Sampai Kapan Pun Dunia Tidak Akan Damai...

Diperbarui: 7 Mei 2024   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: https://www.booksindonesia.com/

Demikian juga saya amat sangat percaya bahwa dunia tidak akan KIAMAT. Jangan percaya bila ada berita dunia ini bakalan kiamat. 

Selama masih ada kecurigaan dan rasa irihati dalam diri manusia, damat dipastikan dunia ini tidak akan bakalan damai. Hanya bila dan bila seorang manusia bisa damai dengan dirinya sendiri, maka dunia akan damai dengan sendirinya. Kedamaian tidak bergantung pada sesuatu di luar diri. 

Selama kita mengharapkan orang lain jadi damai, maka selama itu pula tidak akan terwujud kedamaian di sekitar kita. Karena kita begitu sibuk mengurusi orang lian agar jadi damai sehingga kita lupa bahwa diri kita sendiri belum menjadi sosok yang damai. Bukanhal yang aneh.

Ketika kita sibuk mengurusi penyakit kita sendiri, kemarahan, keserakahan, irihati, dan kesombongan , merasa paling baik dan benar, maka dipastikan dunia akan damai dengan sendirinya. Hal seperti ini timbul dari suatu kesadaran bahwa ternyata kita lahir di dunia ini dengan membawa kotoran di masa lalu.

Adanya kesadaran bahwa diri kita penuh penyakit, maka timbul upaya untuk sembuh. Tidak setiap orang sadar bahwa kita lahir karena penyakit pada kehidupan masa lalu. Banyak orang menafikkan bahwa kita pernah hidup di masa lalu. Dan kita lahir karena penyakit tersebut memang hanya bisa dibersihkan saat berbadan.

Tidak dipungkiri bahwa adanya kesadaran merupakan kelangkaan, bahkan bisa saya sebutkan sebagai berkah terbesar bila kita bisa sadar akan hal ini. Bagaimana kita bisa mewujudkan kedamaian? 

Ya, kedamaian hanya bisa terwujud bila setiap orang memahami Rahasia Kematian dan Keabadian. 

Dari buku Pustaka Suci Hindu atau buku Dvipantara Dharm Sastra by Anand Krishna :

'(Rahasia) Kematian dan Keabadian - dua-duanya terdapat di dalam diri manusia. Kebodohan atau ketidaksadaran (akan kehadiran Jiwa) menyebabkan Kematian. Kebenaran atau Kesadaran (akan kemuliaan Jiwa) adalah Keabadian'  

Kematian atau ketidaksadaran bahwa segala benda materi bersifat tidak abadi yang membuat diri kita mengalami kematian tubuh. Pada saat kita hanya memburu materi demi memenuhi nafsu indra kita, kita menjadi budak duniawi. Perlu juga diketahui bahwa kita berada pada kepintaran intelektual yang hanya melandasi segala pikiran dan perbuatan kita semata untuk memuaskan kenyamanan badaniah. Apa bedanya dengan hewan bika demikian?

Mari kita renungkan; hewan mencari kenyamanan tubuh/fisik, hubungan seksualitas, makan serta tidur. Bukan kah bila kita masih saja memburu segala hal ini, kita masih berada pada ranah otak limbik? Otak atau perangkat lunak ini hanya dmiliki oleh hewan mamalia, atau lagi otak reptil yang juga dimiliki hewan melata.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline