Pada saat ini komputer sudah dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan komputer mempunyai kelebihan untuk media pembelajaran yaitu: 1) kecepatannya, 2) ketelitiannya, kemampuan grafisnya, kemampuan variasi warna tampilan layarnya, kemampuan animasinya, kemampuannya dalam hal komunikasi dan kemampuan simpanannya.
Keaneragaman aplikasi komputer dalam pendidikan telah diklasifikasikan oleh Robert Taylor ( 1980) dalam kategori yang besar yaitu, tutor, tools dan tutee(newby dkk,2006)
1. komputer sebagai tool ( alat bantu), yaitu sebagai kalkulasi biasa, menulis/ atau mengetik, pengolahan data nilai rapor siswa,
2. Komputer sebagai tutor, dalam kategori ini terbagi menjadi empat subkategori lagi yaitu: a) sebagai program tutorial, b)sebgai praktek dan latihan, c) sebagai simulasi, d) sebagai permainan (game) dan e) sebagai pemecahan masalah.
3. Komputer sebagai tutee, digunakan oleh user untuk: a) mengajar komputer misalnya (basic, pascal dan sebagainya), b) mempelajari hal-hal yang terkait dengan komputer baik perangkat keras maupun terutama perangkat lunaknya.
Keuntungan dan keterbatasan komputer sebagai media pembelajaran adalah:
1. media yang dirancang dengan baik akan membantu proses pembelajaran
2. meningkatkan motivasi belajar
3. mendukung pembelajaran individual
4. melatih siswa dalam ketrampilan memilih bagian-bagia isi pembelajaran.
5. sebagai penyampaian balikan secara langsung