Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Software Pembelajaran Matematika

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pada saat ini komputer sudah dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan komputer mempunyai kelebihan untuk media pembelajaran yaitu: 1) kecepatannya, 2) ketelitiannya, kemampuan grafisnya, kemampuan variasi warna tampilan layarnya, kemampuan animasinya, kemampuannya dalam hal komunikasi dan kemampuan simpanannya.

Keaneragaman aplikasi komputer dalam pendidikan telah diklasifikasikan oleh Robert Taylor ( 1980) dalam kategori yang besar yaitu, tutor, tools dan tutee(newby dkk,2006)

1. komputer sebagai tool ( alat bantu), yaitu sebagai kalkulasi biasa, menulis/ atau mengetik, pengolahan data nilai rapor siswa,

2. Komputer sebagai tutor, dalam kategori ini terbagi menjadi empat subkategori lagi yaitu: a) sebagai program tutorial, b)sebgai praktek dan latihan, c) sebagai simulasi, d) sebagai permainan (game) dan e) sebagai pemecahan masalah.

3. Komputer sebagai tutee, digunakan oleh user untuk: a) mengajar komputer misalnya (basic, pascal dan sebagainya), b) mempelajari hal-hal yang terkait dengan komputer baik perangkat keras maupun terutama perangkat lunaknya.

Keuntungan dan keterbatasan komputer sebagai media pembelajaran adalah:

1. media yang dirancang dengan baik akan membantu proses pembelajaran

2. meningkatkan motivasi belajar

3. mendukung pembelajaran individual

4. melatih siswa dalam ketrampilan memilih bagian-bagia isi pembelajaran.

5. sebagai penyampaian balikan secara langsung

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline