Dalam proses belajar mengajar tak lepas dari aktifitas bertanya dan menjawab pertanyaan. Guru sering sekali bertanya kepada siswa dan siswa menjawab dengan jawaban kur atau serentak. Jawaban yang serentak sering tak dirasakan oleh guru kalau pertanyaan guru sebenarnya kurang kurang efektif bagi siswa, namun guru tidak merasakannya dan menyadarinya. banyak pertanyaan yang tidak efektif yang terlontar dari guru, sehingga hal tersebut tidak bermanfaat sehingga tidak ada dampaknya.
Guru dalam pembelajaran sering mengajkan pertanyaan pada siswa hal ini mempunyai beberapa tujuan yang tak tersirat diantaranya adalah berapa hal yaitu : 1) untuk mengetahui latarbelakang pengetahuan siswa yang sudah dimiliki, 2) mengetahui sampai dimana kesiapan siswa, 3) melibatkan siswa berikir matematis,4)mengecek pemahaman siswa, 5)Menfokuskan perhatian siswa, 6)mengetahui ketercapaian kompetensi siswa, 7)mengetahui kesulitan siswa, 8) melatih siswa berpikir matematis dan kritis, 9)mengemukakan pendapat siswa dan 10) menghargai pendapat temannya yang berbeda-beda.
Bagaiman a guru bertanya??
Pertanyaan guru yang sering dilakukan guru bersifat tertutup, atau jawaban pendek. Guru jarang memberi pertanyaan yang membuat siswa menguraikan pendapatnya sendiri dengan gamblang, guru jarang sekali memberikan pertanyaan yang membuat siswa menjelaskan dengan bahasanya sendiri atau pendapatnya sendiri, dan yang mempunyai pandangan yang berbeda beda Karakteristik pertanyaan yang terbuka tidak sering dilakukan oleh guru akibatnya siswa kurang kreatif , inovatif, dalam menjawab pertanyaan guru. Dengan demikian hendaknya guru dalam memberikan pertanyaan kepada siswa hendaknya dengan pertanyaan yang efektif. Pertanyaan efektif yang bagaimanakah yang disampaikan oleh siswa?. Pertanyaan yang efektif mempunyai ciri-ciri :1) pertanyaan yang membuat siswa berpikir tingkat tinggi, 2) bersifat open ended atau jawaban yang bervariasi atau beragam kebenarannya, 3) pertanyaan yang jawabannya lebih dari satu.
Bagaimana caranya guru membuat pertanyaan yang efektif? untuk menjawab hal tersebut tentu saja guru harus pandai-pandai membuat pertanyaan yang efektif sehingga pertanyaan itu bermanfaat bagi siswa atau bagi guru. Cara agar pertanyaan efektif adalah : bekerja mundur ( backward method) dan mengadaptasi pertanyaan standar. Bekerja mundur mempunyai 3 langkah: 1) buat pertanyaan tertutup, 2)temukan jawabannya, 3) susun pertanyaan yang memuat jawaban tadi sebagai data. sedangkan untuk mengadaptasi pertanyaan standar langkah-langkahnya: 1) temukan soal atau pertanyaan standar, 2) modifikasi pertanyaan pertanyaan tersebut hingga bersifat open ended atau mempunyai cara jawaban yang beragam.
Apa pantangan guru dalam membuat pertanyaan?
ada beberapa pertanyaan yang tidak baik disampaikan oleh siswa yaitu : 1) pertanyaan tertutup, 2) pertanyaan yang memandu pada jawabannya, 3) jangan memberi mengatakan pertanyaan itu mudah atau sulit pada siswa, 4) jangan menjawab sendiri , 5) jangan mengatakan "salah" saat siswa menjawab. Dan perlu sekali saat guru memberikan pertanyaan guru hendaknya memberikan waktu untuk menjawab pertanyaan guru, tunjukkan keseriusan saat guru bertanya dan berikan penghargaan saat siswa berusaha memberikan jawabannya.
Dari keterangan di atas, guru perlu belajar banyak akan teknik bertanya sehingga dalam melakukan proses pembelajaran akan efektif dan bermanfaat bagi guru dan siswa itu sendiri.
Sumber: modul diklat online p4tkmaematika.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H