Lihat ke Halaman Asli

Chuseok, 'Lebaran' ala Korea

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14099123981985839782

Mungkin banyak yang sudah pernah mendengar kata Chuseok. Chuseok atau Hangawi adalah hari perayaan ucapan syukur atas panen tahun ini. Chuseok dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 di penanggalan lunar. Hari raya Chuseok tahun ini jatuh pada tanggal 8 September 2014 sehingga pada hari ini (5 September) orang-orang Korea 'mudik' ke kampung halamannya untuk bertemu orang tua mereka dan ziarah ke makam leluhur mereka. Libur Chuseok tahun ini sebanyak 5 hari terhitung mulai tanggal 6 September sampai 10 September. Sehingga pada tanggal tersebut banyak toko yang tutup, kota Seoul akan sepi ditinggal pemudik, dan ATM tidak dapat digunakan.

[caption id="attachment_322493" align="aligncenter" width="300" caption="Macet menjelang Chuseok (sumber: english.yonhapnews.co.kr)"][/caption]

Pada saat Chuseok. anggota keluarga melakukan ritual penghormatan terhadap leluhur sebelum memakan makanan khas Chuseok. Makanan tradisional yang selalu ada adalah Songpyeon. Songpyeon adalah kue beras berbentuk bulan sabit dengan isi berbagai macam seperti kacang merah, madu, kenari, dan sebagainya. Kue ini dibuat pada malam sebelum Chuseok oleh wanita di dalam keluarga. Kue ini disuguhkan pada saat Chuseok kepada seluruh keluarga, Ada kepercayaan apabila seorang wanita dapat membuat songpyeon dengan bagus, maka ia akan menjadi seorang ibu yang baik dan mendapatkan suami yang ganteng.

[caption id="attachment_322494" align="aligncenter" width="300" caption="Songpyeon (sumber: koreantimes.co.kr)"]

1409913068802846183

[/caption]

Setelah berkumpul bersama keluarga di hari Chuseok, orang Korea biasanya kembali ke rumahnya masing-masing pada H+1 atau H+2 sehingga jalanan menuju kota-kota besar akan macet oleh pemudik. Kota besar seperti Seoul akan terisi kembali oleh para penduduknya. Orang Korea tidak mengenal 'cuti hari terjepit'. Sehingga walaupun libur hampir sepanjang minggu, orang-orang Korea tetap saja sekolah, kuliah, ataupun kerja pada saatnya masuk.

Bagaimana dengan orang asing yang tidak merayakan Chuseok? Biasanya orang asing yang dekat dengan teman Korea atau memiliki pasangan orang Korea pasti diundang untuk merayakan Chuseok bersama orang Korea. Namun bagi yang tidak, biasanya mereka berkumpul bersama sesama orang asing atau pergi ke tempat hiburan yang buka di kala Chuseok. Walaupun hari libur negara seperti Chuseok, tetap ada tempat hiburan seperti Everland yang memberikan diskon hingga 60% khusus bagi orang asing di Korea yang tidak merayakan Chuseok.

[caption id="attachment_322495" align="aligncenter" width="300" caption="Chuseok Discount (sumber: www.everydaykorea.com)"]

14099140841451499564

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline