Lihat ke Halaman Asli

"Lavageni" Komik Edukasi Berbasis Augmented Reality buatan 5 Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Diperbarui: 11 September 2022   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bencana gunungapi di Indonesia menimbulkan banyak kerusakan dan kerugian bagi para korban. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali gunung berapi aktif tak heran masyarakt harus bisa mewaspadai kapan saja gunung tersebut akan meletus. Dalam kurun waktu lima tahun saja ada beberapa gunungapi di Indonesia yang meletus seperti gunung Sinabung, gunung Kelud, gunung Merapi dan terakhir yang viral di media sosial gunung Semeru. PVMBG mencatat terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi selama lima tahun terkahir dan puncaknya pada tahun 2018.  

Berangkat dari banyaknya letusan gunungapi tersebut, lima mahasiswa Universitas Negeri Malang menciptakan sebuah komik bagi anak-anak untuk memberikan pemahaman dan edukasi ketika bencana gunug api terjadi. 

Komik kali ini dibuat semenarik mungkin dan ramah sekali pada anak. Artinya anak-anak akan mendapt hiburan dan pelajaran yang berharga melalui komik ini. Komik anak yang akan diluncurkan ini bernama komik “Lavageni” yang tercipta dari akronim Lavano dan Genina sebagai tokoh utama.

Komik Lavageni terbentuk oleh lima mahasiswa UM, yakni Fransisca Novia Lisa Ayu Rachmadhani (Pendidikan Geografi), Dewa Putra Cisnaulin (Pendidikan Geografi), Dimas Bagus Firmandy (Bahasa dan Sastra Indonesia), Margareta Susanti (Akuntansi), dan Fahrul Muttaqin (Pendidikan Seni Rupa).

Komik Lavageni juga dilengkapi dengan fasilitas penujang yaitu Augmented Reality (AR). Tujuannya untuk memberikan gambaran secara nyata dan edukasi bagi anak-anak bagaimana ciri-ciri setiap gunungapi dan juga mitigasi sebelum bencana, saat bencana, dan setelah bencana gunungapi tersebut meletus.

Harapan dari team Lavageni tentu mereka ingin agar komiknya bisa dikenal oleh masyarakat luas terlebih kepada anak-anak. Sebab selama ini masih banyak anak-anak bahkan orang dewasa saja belum tahu cara menghindari ketika letusan gunung api terjadi. Dalam komik ini juga mereka akan dikenalkan dengan local wisdom yang masih terjaga di sekitar  gunung untuk memudahkan dalam pemahaman budaya di daerah masing-masing gunungapi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline