Lihat ke Halaman Asli

margareta indaryani

Mahasiswi Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya

Kuliah di Masa Era New, Melawan Pandemi Covid-19

Diperbarui: 13 Desember 2021   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Virus Covid 19 adalah virus yang sangat membahayakan bagi kesehatan. Semenjak virus tersebut masuk dan menyeabr luas diseluruh Indonesia menyebabkan pemerintah dengan sigap mengambil langkah tegas pemberlakuan Lockdown wilayah menyebabkan harus diberhentikannya sementara kegiatan yang menyebakan adanya kerumunan untuk berpotensi menularkan Virus Covid 19, sehingga melumpuhkan sebagian kegiatan perekonomian maupun pendidikan. Namun, selang beberapa bulan kemudian pemerintah kembali menerapkan kebijakan baru yaitu Era New Normal. Yang mana masyarakat dapat beradaptasi ditengah pandemi agar tetap dapat melakukan aktivitas dengan normal dan tetap melaksanakan protokol kesehatan anjuran pemerintah.

            Memulai aktivitas di Masa New Normal tentu memerlukan adaptasi dengan lingkungan dan situasi baru yang beriringan dengan COVID-19. Untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya di lingkungan kampus, ada protokol yang wajib dipatuhi di tengah pandemi COVID-19.Untuk memasuki era new normal, terdapat beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan. Dua di antaranya adalah kesehatan dan kebersihan. Di masa normal baru ini, individu atau mahasiswa harus menyesuaikan diri dalam upaya mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Sejumlah protokol kesehatan telah disiapkan pemerintah untuk menyambut tatanan kehidupan baru atau new normal. Protokol kesehatan ini wajib diterapkan oleh setiap individu, terutama di lingkungan kampus yang akan memulai tahun ajaran 2020/2021. Dengan protokol kesehatan yang ketat, universitas bersiap menyongsong para mahasiswa kembali beraktivitas. Meskipun kegiatan belajar mengajar belum sepenuhnya dilakukan secara tatap muka dan masih secara online (daring), protokol kesehatan ini tetap wajib ditaati bagi para mahasiswa dan civitas akademika yang ingin melaksanakan dan menyelesaikan agenda tertentu secara tatap muka dikampus, prokes yang wajib dilaksanakan sebagai berikut :

1. Menggunakan masker ke kampus

Menggunakan masker saat beraktivitas merupakan protokol kesehatan yang wajib diterapkan saat para mahasiswa dan segenap civitas akademika berkunjung ke kampus. Mengapa demikian? Karena virus COVID-19 dapat menyebar melalui droplet atau air liur yang terpercik ke luar saat seseorang berbicara, bersin, dan batuk. Penggunaan masker ini menjadi hal utama yang perlu diingat saat akan beraktivitas ke kampus. Hal itu disebabkan virus yang saat ini masih menular tidak dapat dilihat secara kasat mata. Wajib diingat, lebih baik mencegah daripada mengobati

2. Membawa dan menggunakan handsanitizer 

Menggunakan handsanitizer merupakan cara alternatif yang lebih praktis ketika kita berada diluar dan melakukan kegiatan atau tidak sempat melakukan cuci tangan.

3. Selalu mencuci tangan setiap usai aktivitas

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu cara mencegah tubuh terinfeksi virus corona. Mencuci tangan tidak dapat dilakukan sembarangan karena mencuci tangan dengan cara yang tepat akan lebih efektif dalam pencegahan.

4. Menjaga jarak dan menghindari berkerumunan

Ada beberapa anjuran tentang jarak fisik atau physical distancing yang aman di era normal baru. Yakni menjaga jarak fisik yang aman di tempat umum adalah minimal 1 meter dan tidak melakukan kerumunan, karena hal tersebut dapat mengurangi untuk penyebaran Virus Covid 19 . Dengan menghindari kerumunan, kita juga dapat melindungi orang-orang yang rentan terpapar virus corona. Menghindari kerumunan dapat dilakukan dengan menjaga jarak atau mencari tempat-tempat yang sepi pengunjung. Pasalnya, berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penularan virus COVID-19, jika terdapat salah satu orang yang terinfeksi virus.

            Demikian narasi opini pengalaman yang dapat kami paparkan dalam betuk artikel ini, selama menejalani masa transisi kuliah di era new normal. Semoga semangat kita sebagai generasi muda dalam menyikapi pandemi ini tidaklah menyurutkan semangat belajar selama kuliah, sehingga mahasiswa tetap mampu berprestasi dalam bidang akademik meskipun keterbatasan dimasa pandemi saat ini.  Semangat gotong royong dan sadar terhadap setiap tindakan pada pandemi teruntuk kita semua adalah hal yang harus disikapi secara serius dan seksama supaya pandemi ini berakhir serta segala bentuk aktivitas kegiatan kembali normal seperti sedia kala.

 TERIMAKASIH DAN SALAM SEHAT

creator : Margareta, Melisyah, Fransisca




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline