STRATEGI MARKETING MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA PENINGKATAN PENJUALAN
Disusun Oleh :
Maretya Sofya Putri (30402000204).1
Meilan Arsanti, S.Pd., M.Pd.2
ABSTACT
Many strategies can be used to increase sales and attract consumers to buy products offered by manufacturers. For example, social media marketing is a marketing activity using the internet and news technology to expand and enhance traditional marketing functions. Social media can help in the marketing process. In conducting marketing communications, companies must develop tactics to be able to achieve all the plans that have been determined. This article aims to find out marketing strategies using social media to increase sales. This research uses correlational quantitative research methods. Data collection will be carried out in two ways, namely library research and field research. Respondents will fill out a survey containing questions related to the measured variables. Data analysis was carried out using a single table, and cross table analysis, Spearman's hypothesis test. The results that will occur in this research analysis share that marketing strategies using social media can increase sales.
Keywords: marketing strategy, social media, increased sales.
ABSTACT
Banyak strategi yang mampu digunakan buat menaikkan penjualan serta menarik konsumen buat membeli produk yang ditawarkan oleh Produsen. Seperti pemasaran media sosial merupakan suatu aktivitas pemasaran dengan internet serta teknologi berita untuk memperluas serta mempertinggi fungsi pemasaran tradisional. Media sosial bisa membantu pada proses pemasaran. Dalam melakukan komunikasi pemasaran, perusahaan wajib mengembangkan taktik untuk dapat mencapai seluruh planning yang telah ditentukan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing menggunakan sosial media terhadap peningkatan penjualan. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif korelasional. Akan dilakukan pengumpulan data melalui dua cara, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Responden akan mengisi survey yang berisi pertanyaan berkaitan dengan variabel yang diukur. Analisis data yang dilakukan memakai tabel tunggal, dan analisis tabel silang, uji hipotesis Spearman. Hasil yang akan terjadi analisis penelitian ini membagikan bahwa strategi marketing memakai media sosial dapat menaikkan penjualan.
Kata Kunci : strategi marketing, sosial media, peningkatan penjualan.
LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi serta komunikasi sudah mengganti cara berhubungan individu menggunakan individu yang lain. Teknologi informasi berkembang sangat pesat pada beberapa dekade terakhir, terutama perkembangan pada penggunaan internet yang merubah cara kehidupan, pekerjaan, komunikasi, serta pembelajaran. Media sosial sebagai sebuah bagian pada dunia digital yang sangat di gemari oleh seluruh kalangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan media sosial memberikan banyak kemudahan serta manfaat di penggunanya. Salah satunya media social digunakan menjadi sarana pemasaran bagi Produsen serta penjual buat memasarkan produk mereka.