Lihat ke Halaman Asli

Mardiana Dr

mahasiswa

Peran Milenial terhadap Destinasi Pariwisata Kuala Langsa

Diperbarui: 19 April 2021   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Langsa -- liburan adalah saatnya untuk memanjakan diri dari padatnya rutinitas. Liburan bagi generasi milenial juga menjadi kebutuhan. Di kota langsa sendiri memiliki wisata yang tak kalah menarik, yaitu pelabuhan kuala. Pelabuhan kuala langsa menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat kota langsa. Tempat ini selalu dipadati indahnya hamparan lautan luas yang membentang dan berbagai spot instagramable jadi daya tariknya. Desa kuala dikembangkan menjadi desa wisata karena memiliki potensi seperti kekayaan alam dan seni budaya seperti keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna.  Kuala langsa juga menjadi sejarah penting bagi masyarakat dunia, yakni aksi penyelamatan ratusan imigran muslim rohingnya asal myanmar dan bangladesh.

Pelabuhan kuala langsa terletak di desa kuala, kecamatan langsa barat, kota langsa, provinsi aceh. Banyak wisatawan dari berbagai kota berkunjung terutama generasi milenial. Generasi milenial generasi yang lahir dalam rentang waktu awal tahun 1980 hingga tahun 2000. Generasi ini sering disebut sebagai gen Y, Net generation, Generation WE, Boomerang Generation, Peter Pan Generation, dan lain-lain. Mereka disebut generasi milenial karena merekalah generasi yang hidup dipergantian milenium. Mereka peka terhadap terhadap teknologi yang terus meningkat.

Keramaian wisatawan dari berbagai kota tidak tidak terlepas dari peran generasi milenial lokal. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media promosi dan telah banyak mempengaruhi perjalanan generasi milenial seiring perkembangan teknologi informasi. Dengan gaya hidup kaum milenial kota langsa yang berkunjung ke pelabuhan kuala langsa dengan mengabdikan momen lewat foto, kemudian mempostingnya di media sosial.

Media sosial merupakan sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain. Tidak bisa dipungkiri, peran generasi milenial lokal dalam mempopularkan pelabuhan kuala langsa cukup besar. Karena informasi dimedia sosial berperan aktif dalam mendatangkan pengunjung ke kuala langsa.

Ukus kuswara mengatakan digitalisasi sudah menjadi hal yang tidak bisa lepas dari keseharian masyarakat. Kehadiran kaum milenial terutama di media sosial sangat berpengaruh bagi perkembangan pariwisata indonesia yang bisa menjadi sarana promosi di mata dunia. Apalagi aktivitas pariwisata yang berjalan kini banyak dilakukan oleh anak muda.

Karena itu pentingnya peran generasi milenial lokal  mengunggah sesuatu yang bagus dan unik tentang objek wisata indonesia di media sosial mereka. Generasi muda inilah yang nantinya akan menjadi ujung tombak untuk promosi pariwisata dalam negeri.

Oleh : Mardiana, Mahasiswa IAIN cot kalla langsa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline