Lihat ke Halaman Asli

Mardi Ana

Mahasiswi

Pemilihan Metode Pembelajaran Sekolah Dasar di Masa Pandemi

Diperbarui: 24 April 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama : Mardiana
NIM : 2113110004624
No. Absen : 8
Kelas : PAIA7

Pemilihan Metode Pembelajaran Sekolah Dasar Di Masa Pandemi

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sering disebut pembelajaran daring saat ini masih diterapkan hampir di semua jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP SMA, maupun di tingkat perkuliahan. Hal ini disebabkan karena kasus covid yang tak kunjung usai. Pembelajaran daring merupakan alternatif yang diterapkan oleh pemerintah semenjak melonjaknya kasus covid di Indonesia.
Dampak dari pembelajaran secara daring ini sangat banyak, ada dampak positif dan ada juga dampak negatifnya. Dampak postifnya yaitu para pendidik dan peserta didik dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin, para pendidik dapat lebih kreatif dalam menyajikan media pembelajaran bagi peserta didiknya. Adapun dampak negatifnya yaitu banyak peserta didik yang tidak dapat memahami pelajaran yang disampaikan. Kebanyakan dari mereka menyalahgunakan waktu belajar untuk bermalas-malasan dan bermain game. Dampak negative lainnya yaitu tidak adanya ikatan yang terbentuk antara murid dan guru.
Bagi siswa menengah pertama, menengah atas, dan mahasiswa mungkin pembelajaran daring mudah dilakukan dan diakses. Namun, bagi siswa sekolah dasar alternatif ini kurang tepat, mengingat usia mereka yang masih kecil sehingga membutuhkan pengawasan yang lebih dari orang tua. Sedangkan tidak semua orang tua pandai dalam menggunakan internet dan media sosial. Para orang tua pun pastinya memiliki kesibukan seperti bekerja dan yang lainnya. Hal ini menyebabakan kurangnya pengawasan terhadap para siswa, sehingga mereka lebih memilih bermain game daripada mengerjakan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru.
Merujuk pada hasil diskusi yang diselenggarakan Kemendikbud Kota Bogor, kesuksesan PJJ sangat ditentukan oleh dukungan orang tuaterhadap anaknya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi. Menurutnya banyak dari siswa yang menggunakan waktu belajar untuk bermalas-malasan dan enggan mengerjakan tugas yang diberikan.
Selain tantangan diatas, tantangan yang lainnya yaitu penyampaian materi yang cenderung monoton hanya menggunakan whatsaap menyebabkan tidak tertariknya para siswa untuk belajar. Banyak para guru yang hanya menyampaikan materi lewat whatsaap kemudian memberikan tugas kepada siswa. Faktanya banyak para siswa yang tidak paham akan materi pelajaran yang disampaikan.
Pendidikan dasar sangatlah penting untuk para siswa, terutama pendidikan moral dan karakter. Di tingkat inlah pendidikan karakter mulai ditanamkan kepada peserta didik. Pendidikan dasar sangat penting, karena pendidikan dasar dapat memberikan dasar-dasar untuk dapat mengikuti pendidikan pada tingkat selanjutnya. Jika pendidikan pada tingkat dasarnya saja kurang diperhatikan, maka untuk ke tingkat selanjutnya juga akan sulit dan menjadi kurang baik.
Metode yang dapat diambil dalam pembelajaran untuk sekolah dasar selain melakukan pembelajaran secara daring yaitu dengan tetap melakukan pembelajaran secara luring atau tatap muka secara terbatas. Maksudnya adalah guru tetap mengajar di kelas, namun siswa yang menghadiri dapat dibagi menjadi setengahnya. Meskipun hal tersebut cukup menguras waktu dan tenaga, tetapi dapat memahamkan materi kepada para siswa.
Cara lain yang dapat dilakukan yaitu guru membuat video pembelajaran semenarik mungkin, sehingga para siswa pun tertarik untuk menontonnya. Oleh karena itu, ditengah kondisi yang seperti ini, diharapkan semua pihak dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin, baik itu tenaga pendidik, peserta didik, maupun wali murid. Pendidikan harus tetap berjalan meskipun pandemi di Indonesia belum juga berakhir. Kita sebagai warga negara harus saling bekerjasama untuk memutus rantai penyebaran covid dan memutus rantai kebodohan yang diakibatkan covid tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline