Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Serat Wedhatama Pupuh Gambuh dengan Penggunaan Model Pembelajaran PjBL

Diperbarui: 13 Desember 2022   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

, Metode Demonstrasi Langsung, dan Media Pembelajaran Berbasis TPACK dengan Platform Soundcloud

Lokasi: SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai: Siswa dapat membaca, menelaah unsur pembangun/ paugeran, dan menyimpulkan nilai-nilai yang terkandung pada satu bait/ pada tembang macapat Gambuh dalam Serat Wedhatama serta dapat menyajikan secara lisan tembang macapat Gambuh dengan titi laras yang tepat.

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

  • Kondisi pembelajaran pasca pandemi mengalami perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan sebelum pandemi, siswa cenderung memiliki motivasi belajar rendah, sering menutup diri, belajar dengan bergantung dengan orang lain, kemampuan sosial kurang, dan ketagihan gadget.
  • Siswa jarang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa komunikasi dengan orang tua di rumah, hal ini menyebabkan siswa sangat minim dalam memahami dan mengerti kosa kata bahasa Jawa baik ragam ngoko maupun krama.
  • Penting untuk dilaksanakan pembelajaran inovatif yang melibatkan teknologi sebagai upaya meningkatkan minat siswa dalam belajar.
  • Model dan metode pembelajaran yang kurang maksimal sehingga berpengaruh pada kualitas pembelajaran.
  • Keterampilan nembang setiap siswa berbeda dan tidak dapat disamakan antara satu dengan yang lain.
  • Titi laras tembang macapat yang jarang ditemui oleh siswa pada jaman sekarang.
  • Siswa masih kesulitan ketika menyesuaikan titi laras yang ada.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan:

Praktik ini penting untuk dibagikan karena agar bisa digunakan sebagai referensi/ inspirasi terbaik bagi rekan guru yang mengalami hal yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga berdampak pada perbaikan pembelajaran di dalam kelas yang otomatis berdampak pada siswa belajar dengan lebih baik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktek ini:

Saya sebagai guru mempunyai peran dan tanggung jawab untuk terus melakukan inovasi dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran baik dari metode, model, dan media pembelajaran sehingga tujuan belajar dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, sebagai guru saya juga bertanggungjawab sebagai fasilitator dalam pembelajaran, membantu dan memastikan siswa menerima pemahaman selaras dengan tujuan pembelajaran.

Tantangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline