Lihat ke Halaman Asli

Mardi Jefri

Mahasiswa

Relevant Cost adalah

Diperbarui: 10 Juli 2024   00:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Biaya Relevan

  1. Prawironegoro dan Purwanti (2009:259) menyatakan, biaya relevan adalah biaya yang sering disebut
    juga biaya diferensial yaitu biaya yang berbeda-beda akibat adanya tingkat produksi yang berbeda yang
    mengakibatkan perbedaan biaya tetap. 
  2. Simamora (2012:220) menyatakan, biaya relevan (relevant
    cost) adalah biaya masa depan yang berbeda diantara alternatif-alternatif yang ada. Informasi relevan tergantung
    pada keputusan yang dibuat. 
  3. Hansen dan Mowen (2009:70) menyatakan bahwa, biaya relevan
    adalah biaya masa depan yang berbeda pada setiap alternatif. Semua keputusan berhubungan dengan masa
    depan sehingga hanya biaya masa depan yang dapat menjadi relevan dengan keputusan.

jadi dapat di simpulkan bahwasanya Biaya Relevan adalah pemilihan antara dua biaya atau lebih untuk di pertimbangkan dalam pengambilan sebuah keputusan

Contoh Relevant Cost

  1.  Avoidable Cost
    Biaya yang dapat dihilangkan seluruhnya atau Sebagian, apabila memilih salah satu alternatif dibandingkan alternatif alinnya
  2.  Opportunity Cost
    Biaya yang timbul karena manfaat yang dikorbankan akibat memilih salah satu alternatif dibandingkan alternatif lainnya

Situasi yang cocok menggunakan Relevant Cost

  1.  Make or Buy
    Ketika suatu perusahaan ingin menjual suatu produk, lalu perusahaan tersebut akan di hadapkan dalam 2 pilihan untuk mendapatkan produk tersebut yaitu membeli produk lalu di jual atau membuat produk baru di jual
  2.  Keep or Drop
    Perusahaan bisa menggunakan biaya relevan untuk memutuskan apakah produk yang telah tersedia di etalase toko tetap di jual atau di tarik peredaran produknya dari toko tersebut
  3.  Accept or Reject special order
    Untuk membuat keputusan menerima atau menolak pesanan spesial dari konsumen, karena produk dengan pesanan spesial pasti memiliki perbedaan dengan produk yang standard
  4.  Sell now or Process further
    Pilihan menjual produk sekarang atau memprosesnya lebih lanjut untuk mendapatkan pendapatan tambahan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline