Lihat ke Halaman Asli

Napoleon Bonaparte (Little Corporal from France)

Diperbarui: 25 Agustus 2024   02:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Napoleon Bonaparte, sosok yang namanya begitu lekat dengan sejarah perang dan kepemimpinan, adalah seorang jenderal dan kaisar Prancis yang berhasil menaklukkan sebagian besar Eropa pada awal abad ke-19. Keberhasilannya ini tidak lepas dari gaya kepemimpinannya yang unik dan kompleks. Setelah menguasai dataran Eropa tengah dan selatan, Napoleon mulai membidik Timur Tengah yang dimulai dengan menguasai Mesir. Hal tersebut dapat melejitkan karier politiknya. 

Karier Napoleon mulai menanjak tatkala ia berhasil menyelamatkan Gubernur Paris dari serbuan demonstran yang beruasaha membunuh seluruh bangsawan yang ada di kota Paris. Pada tahun 1795, karena jasanya itu ia dianugrahi gelar The Commander of the Army of the Interior dan selanjutnya langsung diangkat sebagai penasehat agung urusan kemiliteran. Pada tahun 1796, Napoleon memimpin 30.000 pasukan untuk menaklukkan Italia dan dilanjutkan dengan penaklukan kekaisaran Austria, hal ini membuat luas wilayah Perancis bertambah lebar secara drastis, disamping itu hal ini juga memberikan keuntungan tersendiri bagi Napoleon yaitu dia menjadi the military's brightest star.

Setelah menguasai dataran Eropa tengah dan selatan, Napoleon mulai membidik Timur Tengah yang dimulai dengan menguasai Mesir. Hal ini bertujuan untuk menggoyahkan dominasi Inggris di daerah itu serta memotong jalur perdagangan Inggris menuju India yang pada saat itu merupakan daerah penyedia kebutuhan pokok bagi Inggris. Strategi politik Napoleon yang luar biasa itu mampu menghantarkan dirinya untuk membuat konstitusi baru bagi negaranya, dimana hal ini menjadikannya seorang konsulat yang berkuasa penuh bahkan hampir mirip seorang diktaktor. 

Mengapa ia disebut mirip seorang diktaktor tak lain karena pada saat itu ia memiliki otoritas yang sangat luas seperti menunjuk menteri, menunjuk jendral, membentuk bahkan membubarkan lembaga legislatif. Dengan segala strateginya maka pada bulan Februari 1800 konstitusi baru ini diterima secara sah dan legal menjadi konstitusi negara Perancis. Dibawah kendali Napoleon, Perancis berhasil menyelenggarakan reformasi internal secara total. Berbagai kemajuan ditunjukkan di berbagai bidang seperti ekonomi, tata hukum negara, pendidikan, bahkan penataan kehidupan gereja dimana ia menentukan ajaran Khatolik Roma sebagai agama resmi negara. Dia Juga berhasil membuat undang undang yang dikenal dengan "Napoleon Codes". 

"Napoleon Codes" ialah sebuah undang undang yang mengatur pelarangan pemberian hak istimewa atau privileges berdasarkan kelahiran atau keturunan, sebuah undang-undang yang membebaskan seluruh warga negara untuk memeluk agama yang mereka yakini, dan lapangan pekerjaan harus diberikan kepada mereka yang benar-benar berkualitas. Di bidang hubungan internasional, diplomasi yang ia gunakan berhasil menciptakan perdamaian di Eropa khususnya membatalkan serangan negara negara lain yang ditujukan ke Perancis.  

Diplomasi Napoleon yang bertujuan untuk sementara waktu mengakhiri perang dengan negara-negara Eropa lainnya itu hanya ia jalankan selama 3 tahun. Pada tahun 1803 Napoleon kembali mendeklarasikan perang kepada Inggris dan selanjutnya Rusia serta Austria. Kemenangan demi kemenangan pun diraih oleh Napoleon sehingga usahanya untuk memperluas wilayah kekuasaan Perancis pun tampak menuai keberhasilan yang gemilang. Bahkan Napoleon berhasil menciptakan pemerintahan-pemerintahan boneka di Belanda, Spanyol, Naples, Swedia, dan Westphali yang semuanya itu dibawah kendali Napoleon. 

Akan tetapi tahun 1812 adalah titik balik bagi Napoleon dimana pasukannya yang besar itu mengalami kekalahan telak dari Kekaisaran Rusia. Hal ini mengakibatkan bertambah kuatnya tekanan internasional terhadapPerancis, disamping itu tekanan-tekanan yang muncul dari dalam negeripun semakin meningkat. Akibatnya Napoleon harus menyerah kepada musuh pada tahun 1814 di pulau Elba. Setelah kejatuhannya itu, berbagai usaha untuk kembali menguasai Eropa pun ialakukan, akan tetapi tidak ada satupun usahanya yang menunjukkan keberhasilan. Bahkan pada tahun 1821 ia harus meninggal di pengasingannya yaitu dipulau St.Hellena.

Ciri-Ciri Gaya Kepemimpinan Napoleon

Otoriter dan Karismatik: Napoleon adalah seorang pemimpin yang sangat otoriter. Ia membuat keputusan secara sepihak dan mengharapkan perintahnya dilaksanakan tanpa banyak pertanyaan. Namun, di balik otoriternya, ia juga memiliki karisma yang kuat. Kepercayaan diri dan kemampuannya dalam berbicara di depan umum membuatnya mampu membujuk dan memotivasi pasukannya.

Visi yang Jelas: Napoleon memiliki visi yang sangat jelas tentang apa yang ingin dicapainya. Ia ingin menjadikan Prancis sebagai kekuatan terkuat di Eropa dan bahkan dunia. Visi yang kuat ini menjadi pendorong bagi dirinya dan pasukannya untuk terus berjuang.

Fleksibilitas Taktis: Meskipun dikenal sebagai perencana yang cermat, Napoleon juga sangat fleksibel dalam menerapkan taktik perang. Ia mampu menyesuaikan strategi sesuai dengan kondisi medan perang yang dihadapinya. Kemampuan adaptasi ini menjadi salah satu kunci keberhasilannya dalam memenangkan banyak pertempuran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline