Lihat ke Halaman Asli

Marcella Lee

Mahasiswa

Perbandingan Perkembangan Ekonomi: Pakistan dan Bangladesh

Diperbarui: 29 Agustus 2021   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tahun 1971, Bangladesh memerdekakan dirinya dari Pakistan. William Easterly mendeklarisasikan Pakistan sebagai "tumbuh tanpa perkembangan". Bangladesh menghadapi masalah sosial tetapi berubah dengan cepat dari keadaan kelaparan menjadi sebuah harapan. Pakistan dan Bangladesh keduanya merupakan Negara berpendapatan rendah.

Pertumbuhan:
Pendapatan rata-rata di Pakistan tetap lebih tinggi dari pada Bangladesh. Di Pakistan, pendapatan percapita tumbuh sekitar 2.2% dari tahun 1950 sampai tahun 2000, yaitu tiga kali lipat dari sebelumnya. Dari tahun 2000 sampai 2011 pertumbuhan rata-rata di Pakistan mencapai 4.9% dengan pertumbuhan populasi 1.8% dan pertumbuhan per kapita sekitar 3.1%. 

Di Bangladesh, rata-rata pertumbuhan GDP dari tahun 2000 sampai 2011 sekitar 6% dengan populasi pertumbuhan sebesar 1.3% dan pertumbuhan GDP sebesar 4.7%. Tahun 2005 saat setelah kuota tekstil internasional multi serat, Bangladesh mengalami krisis besar-besaran tetapi sekarang negara itu sudah dalam tahap pemulihan.

Poverty:
1.25% dari jumlah populasi Pakistan tinggal dibawah kemiskinan yang setara dengan 51% jumlah populasi Pakistan. Pendapapatan orang miskin di Bangladesh mulai meningkat karena adanya faktor kerja NGOs di area perdesaan dalam memberantas kemiskinan parah di Bangladesh. 

Adanya kesempatan kerja bagi perempuan di Bangladesh. 80% dari jumlah populasi di Bangladesh tinggal dalam pendapatan dibawah $2/ hari dimana setara dengan 61% dari jumlah populasi di Pakistan.

Edukasi dan literasi:
Menurut unesco, ditahun 2011 tingkat literasi wanita di Pakistan sebesar 40% dan 69% untuk pria. Tetapi sekarang menjadi 48% untuk wanita dan 70% untuk pria. Di Bangladesh, tingkat literasi wanita sebesar 53% dan 62% untuk pria. Tetapi sekarang sudah menjadi 75.62% untuk pria dan 69.9% untuk wanita. 

Tahun 2011, 52% murid terdaftar di Bangladesh sedangkan 35% di Pakistan. Ishrat hassain percaya bahwa populasi yang miskin tidak bisa mendapatkan pendidikan dan bonus-bonus karena masyarakat di populasi kalangan atas tidak ingin masyarakat populasi rendah mendapat pendidikan.

Health:
Tingkat harapan hidup di Pakistan adalah 65 tahun  sedangkan 69 tahun di Bangladesh. Tahun 1970, tingkat harapan hidup di Pakistan adalah 54 tahun dan 44 di Bangladesh. Anak-anak yang mengalami malnutrisi menurun dari 2/3 menjadi . 

Tingkat kematian di bawah angka 5 juga mengalami penurunan. Tahun 1970, tingkat kematian di Bangladesh adalah 239/1000 tetapi di Pakistan hanyalah 180/1000.

Populasi:
Bangladesh sudah mengalami peningkatan dalam sisi mengurangi tingkat kelahiran mencapai 2.2%. Di saat kemerdekaan setiap wanita rata-rata melahirkan 6 anak. Tingkat kelahiran di Pakistan turun menjadi 3.3%. 

Tingkat kelahiran cenderung mengalami penurunan di samping terjadinya peningkatan pada tingkat sosial dan ekonomi. Tingkat kelahiran yang rendah dapat meningkatkan kualiatas investasi diri dalam anak kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline