Asuransi adalah perjanjian antara tertanggung atau nasabah dengan perusahaan asuransi untuk menanggung kerugian di masa yang akan datang setelah pembayaran premi. Industri asuransi nasional memiliki tujuan dan manfaat seperti memberikan perlindungan risiko kepada masyarakat, menunjang stabilitas pembangunan, dan menjadi sumber dana untuk pembangunan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi meningkatkan kebutuhan akan jaminan asuransi. Industri asuransi juga berperan dalam mengelola operasional perusahaan dan melakukan investasi.
PT. Asuransi Allianz Life Indonesia didirikan pada tahun 1980-an dan menyediakan produk asuransi umum. Perusahaan ini didirikan pada 16 Agustus 1996 untuk menghadapi permintaan yang meningkat di Indonesia. Produk yang ditawarkan termasuk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan dana pensiun dengan nasabah individu dan korporasi. Kantor Allianz tersedia di beberapa kota besar di Indonesia. Perusahaan juga mengembangkan produk bancassurance melalui kemitraan dengan bank seperti HSBC, BTPN, Maybank, dan QNB. Allianz Life Indonesia memiliki lebih dari 1.100 karyawan, 3 Customer Service Point, 86 Jaringan Kantor Pemasaran Aktif, hampir 50.000 agen, dan 13 juta tertanggung di seluruh Indonesia.
Visi, misi, dan tujuan PT. Asuransi Allianz Life Indonesia secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
- Visi:
Bercita-cita untuk memenangkan hati nasabah, dengan memberikan produk dan layanan yang dapat memberi mereka keberanian untuk hadapi masa depan, serta dengan meningkatkan rasa kepedulian terhadap mereka, demi karyawan, dan kelangsungan dunia di sekitar. Perusahaan ini bercita-cita untuk memenangkan hati nasabah, dengan memberikan produk dan layanan yang dapat memberi mereka keberanian untuk hadapi masa depan, serta dengan meningkatkan rasa kepedulian terhadap mereka, demi karyawan, dan kelangsungan dunia di sekitar.
- Misi:
Melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia melalui solusi transparan berkualitas tinggi, memanfaatkan keragaman tim ONE Allianz, dan menjadi teladan dalam keberlanjutan serta tanggung jawab sosial perusahaan.
- Tujuan:
Berkomitmen untuk melindungi masa depan orang-orang yang mereka cintai, yaitu para nasabah dan komunitas PT. Allianz Asuransi Life Indonesia. Komitmen ini telah tertanam dan sudah menjadi kepribadian perusahaan.
PT. Asuransi Allianz Life Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG). Fokus perusahaan ini adalah kepentingan nasabah. Menerapkan prinsip GCG seperti transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi, dan keadilan. Menyusun kebijakan dan prosedur terkait GCG, termasuk anti korupsi, anti pencurian uang, anti-fraud, dan whistleblowing. Terdapat dewan komisaris untuk mengawasi kinerja direksi dan menjaga kepentingan pemegang polis/pihak tertanggung, peserta, dan penerima manfaat. Praktik GCG Allianz mengacu pada 5 prinsip dasar: transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, dan keadilan. Perusahaan juga memastikan bisnis dan operasional PT. Allianz Global Investor Asset Management Indonesia sesuai peraturan. Budaya investasi aktif dan berorientasi pada klien dengan komitmen, semangat, integritas, dan penghormatan.
Pada tahun 2022, PT. Asuransi Allianz Life Indonesia membayarkan lebih dari 300.000 klaim asuransi jiwa dan kesehatan senilai Rp. 10,9 triliun kepada lebih dari 700 ribu nasabah. Perusahaan memiliki lebih dari 45.000 agen pada akhir tahun tersebut. Pendapatan premi bruto sebesar Rp. 15,1 triliun dicatatkan oleh Allianz Indonesia dengan kontribusi terbesar dari saluran bancassurance dan Allianz Star Network. Perusahaan juga memperhatikan risiko-risiko seperti geopolitik, defisit anggaran, pertumbuhan ekonomi global, dan harga minyak dunia. Total dana kelolaan perusahaan mencapai Rp. 38,7 triliun dengan tiga fund terbesar yaitu Smartlink Equity Fund, Smartlink Fixed Income Fund, dan Smartlink Balanced Fund.
PT. Asuransi Allianz Life Indonesia memiliki perencanaan strategis dan operasional yang terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Mereka memberikan layanan melalui berbagai saluran seperti telepon, e-mail, tatap muka, dan media sosial. Perusahaan juga mengapresiasi nasabah dengan meluncurkan inisiatif "Thank You For Giving The Best" dan program Lucky Draw Kado FantAZtis.
Dalam pengukuran kinerja, PT. Asuransi Allianz Life Indonesia menggunakan Balanced Scorecard dan Key Performance Indicators. Penilaian kinerja dilakukan secara berkala dan perusahaan terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Penerapan Balanced Scorecard di perusahaan ini memperhatikan sinergisitas dan kinerja setiap unit kerja serta faktor-faktor lain yang memengaruhi kinerja, seperti peningkatan keahlian karyawan, inovasi, proses internal, dan kepuasan pelanggan.
Perusahaan ini juga berkomitmen untuk memberikan perlindungan asuransi berkualitas, membangun kepercayaan nasabah, dan menyediakan layanan digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Dampak positif lain dari penerapan Balanced Scorecard adalah memantau dan mengelola kinerja secara efektif sesuai dengan tujuan dan strategi perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H