Lihat ke Halaman Asli

Marcel

Mahasiswa Universitas Pamulang

Meningkatkan Perilaku dan Kepribadian Karyawan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Diperbarui: 13 Mei 2023   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan perilaku dan kepribadian karyawan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan pendekatan post positivist, Subjek penelitian adalah pemimpin perusahaan, karyawan. Objek penelitian adalah perilaku, kepribadian dan kinerja karyawan di era revolusi Industri 4.0. Dampak positif dari kemajuan era ini adalah efisiensi waktu kerja karyawan, yang semuanya dapat dipantau belum tentu langsung namun bisa melalui pelaporan melalui mobile atau online. Pada era revolusi industri 4.0 perusahaan memiliki tantangan yang harus dihadapi yaitu tugas dari karyawan lama untuk mengedukasi karyawan-karyawan yang baru bergabung dalam perusahaan agar dapat memiliki pemahaman yang sama mengenai kemudahan menggunakan aplikasi perusahaan meskipun membutuhkan waktu yang tidak singkat tetapi dengan cara ini tantangan yang dihadapi dapat diselesaikan.

Kata Kunci : profesionalisme karyawan, pengembangan perilaku, produktivitas, presentasi kerja, kepuasan kerja

ABSTRACT

This study aims to find out how to improve employee behavior and personality in the face of the 4.0 industrial revolution era. This study used a data collection method with a post positivist approach. The research subjects are company leaders, employees. The object of research is the behavior, personality and performance of employees in the Industrial Revolution 4.0 era. The positive impact of the progress of the industrial this era is the efficiency of employee work time, all of which can be monitored not necessarily directly but can be through reporting via mobile or online. In the era of the industrial revolution 4.0, companies have challenges that must be faced, namely the task of old employees to educate employees who have just joined the company so that they can have the same understanding about the ease of using company applications even though it takes a long time, but in this way it is a challenge. encountered can be resolved.


Keywords : employee professionalism, behavior development, productivity, work satisfaction, job satisfaction

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam perilaku organisasi memiliki dua pengertian dimana perilaku dan organisasi. Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang seragam untuk pemenuhan kebutuhan akan hidup. Sedangkan perilaku organiasai adalah pembelajaran akan sifat yang dimiliki oleh masing masing individu dalam sebuah organisasi. Pada umumnya organisasi akan memanfaatkan berbagai sumber daya tertentu dalam rangka mencapai tujuan, seperti: uang, mesin, metode/cara, lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Di dalam organisasi, manusia merupakan unsur terpenting dalam suatu organisasi. Tanpa peran manusia meskipun berbagai faktor yang dibutuhkan telah tersedia, organisasi tidak akan berjalan. Karena manusia merupakan penggerak dan penentu jalannya organisasi. Oleh karena itu hendaknya organisasi memberikan arahan positif demi tercapainya tujuan organisasi.

Sumber daya manusia bagi sebuah perusahaan adalah salah satu bagian yang terpenting. Karyawan merupakan salah satu sumber daya manusia yang merupakan bagian penggerak dari perusahaan yang mempunyai potensi untuk berkembang. Karyawan secara aktif mendorong produktifitas dalam memenuhi tujuan perusahaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline