Lihat ke Halaman Asli

Afifuddin lubis

TERVERIFIKASI

Makin Nikmat Nonton Piala Dunia Ditemani Kacang Garuda

Diperbarui: 14 Juni 2018   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Malam ini ,Kamis,14 Juni 2018 ,pukul 22.00 wib akan diselenggarakan pertandingan perdana Piala Dunia 2018. Rusia mendapat kehormatan sebagai penyelenggara piala paling bergengsi sejagad itu.

Sebagai tuan rumah ,Rusia main pertama dan akan berhadapan dengan Tim Saudi Arabia. Ketika nanti kick off pertandingan itu dimulai, serentak dengan itu, degupan jantung para warga kedua negara akan berdetak lebih kuat, tangan mulai dingin, tatap mata tidak berkedip terus memandang ke layar kaca. Muncul beragam suasana emosional melihat 22 orang memperagakan beramacam kehebatannya di lapangan hijau.

Tetapi sesungguhnya bukan hanya degup jantung warga kedua bangsa yang berdetak lebih keras tetapi semua penonton diseantero dunia yang menonton pertandingan itujuga akan bedegup lebih keras .

Untuk mereka yang mengenang kiper legendaris dunia asal Uni Sovyet, Lev Yashin ingin melihat lagi apakah generasi penerus Yashin itu, malam ini mampu menunjukkan kehormatan squad nya dengan penuh bermartabat di Stadion Lushniki Moskow.

Sebagai pencinta Yashin yang dulu bermain atas nama Uni Sovyet tentulah para pengagum negara "beruang merah" itu tetap menginginkan pertandingan perdana ini dimenangkan oleh tuan rumah .

Hal yang berbeda terjadi pada pendukung Arab Saudi. Para pendukung negara ini tentu menginginkan agar pasukan yang ditangani pelatih Juan Antonio Pizzi asal Argentina ini mampu membuat sebahagian besar penonton berkebangsaan Rusia, terdiam di Stadion Lushniki itu.

Mengalahkan Rusia didepan penontonnya, di tanah airnya, merupakan motivasi yang kuat untuk kesebelasan yang datang dari negara yang dipimpin oleh Raja Salman ini.

Kita para penonton Tv di Indonesia secara sadar atau tidak pasti telah menjadi pendukung salah satu kesebelasan yang bertanding. Akan ada penonton tv yang berpihak ke Rusia tetapi tidak sedikit juga yang bersimpati ke Arab Saudi.

Sesungguhnya tidak hanya untuk malam ini. Tetapi pada setiap hari ,pada setiap malam sampai pada final piala dunia 15 Juli 2018 setiap penonton Tv akan dibuat jantungnya berdegup, gemetar, berteriak, memberi dorongan semangat kepada kesebelasan favoritnya. Padahal teriakan didepan Tv itu tidak akan terdengar ke Rusia negeri yang begitu jauh.

Suasana emosional setiap penonton sejak awal sudah terbentuk. Pasti ada kesebelasan kesebelasan favoritnya diantara 32 negara yang ikut berlaga.
Seperti kebiasaan kebiasaan yang lalu ,maka pada laga piala dunia tahun ini akan banyak ditemui cafe, komunitas masyarakat bahkan balai kelurahan yang menggelar acara nonton bareng atau yang sering disebut " Nobar".

Pada lokasi  Nobar, terbentuk sebuah kekerabatan yang intim biarpun jagoan mereka tidak sama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline