Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif anak-anak menekankan peran interaksi sosial dalam proses pembelajaran.
Teori Lev Vygotsky
Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui interaksi sosial dengan orang lain yang lebih berpengetahuan
Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui proses internalisasi tanda-tanda yang diperoleh dari orang lain
Pembelajaran paling efektif terjadi ketika anak dibantu oleh orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten
Konsep "zona perkembangan proksimal" (ZPD) yang menunjukkan jarak antara tingkat perkembangan aktual dan potensial anak
Teori Jean Piaget
- Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung melalui berbagai tahapan yang dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkungan
- Anak-anak termotivasi secara intrinsik untuk belajar sendiri
- Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung sesuai dengan usia
- Anak-anak mampu melakukan sendiri atau memandang anak-anak sebagai pembelajaran lewat penemuan sendiri
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H