Lihat ke Halaman Asli

Manwar

Mahasiswa

teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 17 Januari 2025   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif anak-anak menekankan peran interaksi sosial dalam proses pembelajaran. 

Teori Lev Vygotsky

Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui interaksi sosial dengan orang lain yang lebih berpengetahuan 

Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui proses internalisasi tanda-tanda yang diperoleh dari orang lain 

Pembelajaran paling efektif terjadi ketika anak dibantu oleh orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten 

Konsep "zona perkembangan proksimal" (ZPD) yang menunjukkan jarak antara tingkat perkembangan aktual dan potensial anak 

Teori Jean Piaget

  • Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung melalui berbagai tahapan yang dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkungan 
  • Anak-anak termotivasi secara intrinsik untuk belajar sendiri 
  • Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung sesuai dengan usia 
  • Anak-anak mampu melakukan sendiri atau memandang anak-anak sebagai pembelajaran lewat penemuan sendiri 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline