Lihat ke Halaman Asli

Harun Azis

IT Enthusiast

Apakah Bumi Itu Datar?

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.lhup.edu/~dsimanek/flat/egypt.jpg

Aristoteles berpendapat untuk bumi yang bulat, karena alasan ini: [caption id="" align="alignleft" width="396" caption="http://www.lhup.edu/~dsimanek/flat/egypt.jpg"][/caption]

  1. Hilangnya bertahap kapal atas cakrawala, bagian atas layar menghilang terakhir.
  2. Bentuk melengkung bayangan bumi pada bulan saat gerhana.
  3. Variasi elevasi matahari dengan lintang. (Ini adalah dasar pengukuran Eratosthenes '.)
  4. Variasi ketinggian bintang dengan lintang. Kenyataan bahwa seseorang melihat bintang-bintang baru sebagai salah satu bergerak ke utara atau selatan di permukaan bumi.
  5. Dibuktikan oleh gajah: Ketika satu perjalanan barat dari Yunani, satu menemukan gajah (Afrika). Ketika satu perjalanan timur satu menemukan gajah (Asia). Tidak menyadari bahwa gajah ini adalah jenis yang berbeda, ia berpikir bahwa satu adalah perjalanan ke tanah sama dengan pergi ke arah yang berlawanan.

Hanya berandai-andai saja, apabila bumi itu bulat atau lengkung maka banyak pertanyaan yang ada dalam benak saya:

  1. Mengapa perusahaan rel kereta api tidak ada yang membuat rel yang melengkung ke dalam atau ke bawah.
  2. Mengapa air di dalam ember atau gelas tidak mengikuti lengkungan bumi yang seharusnya cembung karena disebabkan gravitasi atau kelengkungan bentuk bumi itu sendiri.
  3. Karena saya bukan pilot, jadi saya bertanya-tanya apakah pilot dalam menyetir pesawatnya akan selalu sedikit menukikkan pesawatnya ke arah bawah agar tidak menjauh kalau bumi itu bundar?

hmmm... saya rasa ini bukan kita jadikan bahan pemikiran kita, tapi anggap hanya sebuah perandaian saja. karena dari dahulu kita sudah diberi makanan dalam otak kita kalau bumi itu bulat/bundar dan selain bumi masih ada planet yang lainnya yang bundar termasuk juga matahari. apakah benar begitu adanya? dan apakah manusia juga telah benar-benar mendarat di bulan? hahaha... hanya sebuah guyonan yang patut anda pikirkan ulang kebenarannya. kalau saya hidup dulu kala dan membuat foto bulan itu kotak dan saya punya studio dan sedikit utak-atik teknologi untuk mendukung pendapat itu, apakah sampai sekarang anda masih meyakini kebenarannya?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline